Pengertian Arung Jeram (Rafting)

Halo semuanya, sekarang saya akan membahas mengenai arung jeram. Apakah kalian semua apa pengertian arung jeram? dan seperti apa itu? nah disini saya akan menjelaskan semuanya.

Arung jeram (Rafting) adalah sebuah aktifitas yang dipadukan dari unsur petualangan adventure, olahraga, dan edukasi.

Tujuannya adalah mengarungi sungai yang ber ‘jeram’ dengan menggunakan media boat karet, kayak, dayung, dan kano.

Selain menguji nyali kalian, aktifitas arung jeram juga beresiko namun asalkan kalian mengikuti aba-aba dari pemandu, maka semua akan aman.

Namun selain itu, kondisi fisik yang prima juga sangat disarankan untuk dijaga agar bisa melewati tiap rintangan menantang.

Baca juga : 11 Olahraga Tradisional yang diLupakan oleh Anak-anak Zaman Kini!

Pengertian Arung Jeram

pengertian arung jeram
Source: kpgtangerangraya.blogspot.com

Rafting nama keren dari arung jeram adalah olahraga yang berkelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan.

Kerja sama tim yang kuat dan pengertian yang mendalam, dapat dikatakan sebagai faktor utama ayng dapat menunjang keberhasilan melewati berbagai rintangan di sungai.

Sudah terbukti bahwa arung jeram adalah olahraga yang beresiko (high risk sport). Namun demikian, banyak orang yang mampu melakukannya.

Asalkan dia dalam kondisi yang baik. “Baik” dalam arti pemahaman teknis, sehat fisik dan mental, dan kemampuan membaca medan secara kognitif.

Jadi, rafting adalah olahraga yang menuntut keterampilan. Karena itu sangat membutuhkan waktu untuk berkembang.

Perkembangan untuk mencapai kemampuan yang prima, hanya mungkin jika kalian mau mempelajari sifat-sifat sungai, kalian harus bersedia melatih diri di tempat itu.

Wajib juga kalian berlatih berdayung, berkayuh di sungai. Butuh mengembangkan kemampuan fisik, agar mencapai kondisi yang seoptimal mungkin.

Ada hal lain yang patut diingat, yaitu berlatih cara-cara menghadapi keadaan darurat di sungai. Hal ini sangat penting untuk melatih kesiapan, kemampuan dan kepercayaan diri, apabila anda menghadapinya.

Teknik Dasar Arung Jeram

teknik dasar arung jeram
Source: gapuranews.com

Ada 3 bagian dayung yaitu T Grip (pegangan berbentuk huruf T), batang, dan blade. Jika anda duduk di sisi kiri perahu, cara memegangnya adalah genggam T Grip dengan tangan kanan anda dan letakkan keempat jari diatas bagian horisontal dan ibu jari bagian bawahnya.

Lalu tangan bagian kiri memegang batang tepat di tengah-tengahnya. Teknik tersebut berfungsi untuk memaksimalkan power dan menjaga keamanan saat mendayung agar dayungannya terkontrol lebih baik.

Ada beberapa teknik mendayung, yang masing-masing kegunaannya berbeda-beda, simak ulasan berikut ini :

  • Dayung Pancung

Dayung yang biasa digunakan oleh pendayung yang di depan apabila ingin melakukan menuver perahu.

Jika perahu ingin berbelok ke arah kiri maka pendayung yang ada di sebelah kanan depan melakukan dayungan perahu ditarik sampai ke samping kanan perahu, jalur lintasan dayungan menyerupai huruf “C”.

Sebaliknya, jika perahu ingin berbelok ke arah kanan, makan pendayung yang ada di kiri depan melakukan dayungan dari depan perahu, ditarik sampai ke samping kiri perahu.

Teknik dayungan tersebut biasa dilakukan untuk menuver secara cepat berguna untuk menghindari hambatan seperti batu atau pilow.

  • Dayung Tarik

Teknik dayung tarik ini ada 2 macam yaitu “kanan tarik” dan “kiri tarik”. Teknik kanan tarik yaitu awak perahu yang duduk di sisi kanan perahu melakukan dayungan kearah perahu.

Cara dengan meraih jangkauan dayungan ke arah luar perahu sejauh mungkin, arahkan blade ke sisi perahu. Masukan blade ke air dan tarik ke arah perahu.

Dayungan tersebut berfungsi untuk memberikan efek perahu bergeser ke kanan atau menahan agar perahu tidak terbawa arus ke arah kiri.

Teknik kiri tarik kebalikannya dari teknik kanan tarik dengan cara awak perahu yang ada disebelah kiri melakukan cara yang sama seperti kanan tarik.

Dayungan kiri tarik ini memberi efek bergeser ke kiri atau menahan agar tidak terbawa arus ke arah kanan.

  • Dayung Maju

Dayung maju yaitu dorong dayung ke depan, lalu masukkan blade ke air (hingga 1/2 bagian blade masuk) kemudian tarik ke belakang.

Hendaknya saat mengayunkan blade ke depan posisi tangan juga lurus ke depan dan saat menarik gunakan otot pinggang. Dayung ini berfungsi untuk menambah kecepatan laju perahu.

  • Dayung Mundur

Teknik dayung mundur ini kebalikannya dari dayung maju, yaitu tarik dayung kebelakang di atas permukaan air kemudian masukkan blade ke dalam air dan dorong ke depan hingga tangan lurus ke depan.

Teknik ini berfungsi untuk menahan laju perahu atau berjalan mundur jika sangat dibutuhkan.

Perlengkapan Saat Berarung Jeram

Penglengkapan atau peralatan yang harus disiapkan untuk arung jeram dapat digolongkan menjadi 2, peralatan pribadi dan peratan kelompok/tim.

Peralatan pribadi adalah peralatan yang dipake oleh satu orang. Sedangkan peralatan kelompok adalah peralatan yang digunakan untuk satu kelompok arung jeram.

Peralatan pribadi antara lain : 

  • Pelampung

pelampung
Source: PelampungPro.com

Pasti kalian sudah taukan fungsi dari pelampung? jelas fungsinya untuk mengapungkankan kita jika kita terjatuh ke air dan membantu bagi orang yang tidak bisa berenang.

Pelampung yang bagus ialah pelampung yang bisa mengapungkan seberat 150 Kg. meskipun kalian sudah jago berenang.

jika anda mudik dari P. Jawa – Kalimantan berenang tetap saja pelampung ini diwajibkan ketika sedang berkegiatan arung jeram.

  • Dayung

dayung
Source: bukalapak.com

Tentunya fungsi dari dayung ini adalah untuk mendayung dan termasuk peralatan vital yang harus ada saat pengarungan.

Jika dalam satu tim dan ternyata dayungnya tidak sesuai dengan jumlah isinya atau kurang maka semua itu bisa membahayakan tim tersebut.

Kecuali untuk keperluan dokumentasi bisa jadi kameramen tidak membawa dayung. Tapi semua tadi hanya berlaku di sungai grade I – II.

  • Body Flip

Body flip adalah alat yang berfungsi untuk membalikkan perahu. Alat ini terdiri dari carabinaer dan weebing.

  • Helm

helm
Source: fjb.kaskus.co.id

Helm berfungsi sebagai pelindung kepala anda dari benturan tebing, batu, ataupun ranting/batang pohon yang menjorok ke sungai. Helm direkomendasikan untuk arung jeram adalah helm yang berbahan dasar dari plastik bukan fiber.

  • Pakaian

Gunakanlah pakaian yang cepat kering dan simple, kami sangat menyarankan agar tidak memakai celana jeans karena jika terkena air akan menyulitkan anda bergerak. Sedangkan untuk wanita tidak direkomendasikan untuk memakai rok.

  • Sepatu/Alas Kaki

sepatu
Source: lazada.co.id

Sebaiknya jika kalian berarung jeram gunakanlah alas kaki yang ringan, simple dan tidak mudah lepas ketika berenang.

  • Peluit

peluit
Source: JakartaNotebook.com

Peluit berfungsi untuk alat komunikasi berupa signal.

  • Survivial Kit

survival kit
Source: disastersupplycenter.com

Sebuah kotak yang berisi peralatan-peralatan survival seperti senter, korek api, obat anti biotik, obat pribadi, pisau lipat atau cutter, gula merah, garam, benang, jarum jahit.

Survival kit ini bermanfaat ketika kalian mengalami kecelakaan saat pengarungan dan kalian terpisah dari rombongan. Ketika anda tedampat ditepi sungai survival kit sangat bermanfaat.

Namun tentunya alat ini biasa dibawa ketika kita mengarungi sungai yang panjang dan berhari-hari untuk sampai ketujuan.

  • Obat Pribadi

obat pribadi
Source: hellosehat.com

Bagi kalian yang mempunyai penyakit khusus diwajibkan untuk membawa obat pribadi kalian.

  • Aksesoris

aksesoris
Source: kacamata-apelmaso.com

Selain berguna untuk bergaya, tentunya bisa untuk melindungi dari terik matahari.

Peralatan tim antara lain : 

  • Perahu

perahu
Source: bukalapak.com
  • Dry Bag

 

dry bag
Source: BeliYuk.com
  • Pompa

pompa angin
Source: Blibli.com
  • Throwbag

throw bag
Source: techrescue.biz
  • Logistik Pengarungan

logistik pengarungan
Source: marketeers.com
  • Repair Kit

repair kit
Source: dhgate.com
  • Alat pemeteran atau Navigasi

navigasi
Source: indonesian.maritimesafetyequipment.com

Leave a Reply