Game Offline Strategi

Di Google Play Store, kita dapat menemukan berbagai game android dengan genre yang berbeda-beda. Salah satu jenis genre yang sangat amat populer hingga saat ini adalah game offline strategi.

Kepopuleran genre tersebut tidak bisa dipungkiri karena kemunculan beberapa game besar seperti Clash of Clans dan vainglory. Tentu saja 2 contoh game strategi tersebut hanya bisa dimainkan secara online.

Bagi kamu yang tidak memiliki kuota dan sangat suka dengan genre strategi, tenang saja, nyatanya cukup banyak juga game offline dari genre tersebut yang bisa kamu pilih dan mainkan secara offline.

Kali ini saya memiliki rekomendasi 20 game offline strategi terbaik untuk android dengan fitur canggih dan gameplay yang seru tanpa memakai kuota. Apa saja daftarnya? Mari simak ulasan berikut…

Game Offline Strategi Android Terbaik 2019

Memerlukan kecerdasan otak dan analisa yang matang, inilah yang menjadi salah satu daya tarik game strategi yang bisa membuat kamu sampai lupa waktu saat memainkannya.

Selain pada perangkat dekstop dan konsol, kali ini kamu juga bisa merasakan jajaran game offline strategi terbaik hanya dalam genggaman smartphone, loh. Penasaran dengan daftar lengkapnya? Cekidot~

1. Badland

game offline strategi, badland

amazon.co.uk

  • Judul : Badland
  • Developer : Frogmind
  • Harga : Free

Game ini menjadi salah satu game offline strategi perang terbaik karena bisa kamu mainkan secara mudah. Jika kamu ingin memenangkan game ini, yang harus kamu lakukan yaitu hanya menyelamatkan kloninganmu sebanyak-banyaknya.

Selain itu kamu juga harus melewati berbagai rintangan yang ada di hutan pada tiap levelnya. Sehingga kamu harus menguras pikiran untuk membuat strategi.

Game ini mempunyai gameplay yang cukup sederhana sehingga bisa kamu mainkan dengan mudah. Selain itu, game ini juga tergolong ringan dan kamu bisa memainkannya di smartphone dengan spek rendah.

Sayangnya grafis dari game ini masih terbilang kurang bagus dan tampilannya pun terkesan monoton.

2. Mushroom Wars: Space!

game offline strategi, Mushroom Wars: Space!

youtube.com

 

  • Judul : Mushroom Wars: Space!
  • Developer : Zillion Whales
  • Harga : Free

Dalam Mushroom Wars, kamu bertugas mengendalikan segerombolan jamur untuk melawan segerombolan jamur lainnya dan juga makhluk aneh seperti alien. Tujuannya, agar kamu bisa menguasai daerah seluas mungkin.

Untuk sekelas game strategi, Zillion Whales selaku developer menggarap game ini dengan cukup simple namun variatif. Dalam game ini, pemain akan diuji untuk berpikir secara kreatif dan bersabar demi bisa memenangkan permainan.

3. Plants Vs Zombie

game offline strategi, Plants Vs Zombie

slashgear.com

  • Judul : Plants Vs Zombie
  • Developer : ELECTRONIC ARTS
  • Harga : Free

Game strategi offline ini merupakan game terbaik dengan ukurannya yang kecil dan paling legendaris. Hal itu tak lain karena sebelum ada versi android maupun iOS, game ini sudah lebih dulu hadir dalam versi game PC.

Game ini dikembangkan oleh EA dan telah rilis sejak 2009. Tak heran, ia memiliki penggemar dari generasi ke generasi karena berhasil mengikuti perkembangan teknologi.

Di Play Store, terdapat dua versi Plants Vs Zombie, pertama atau Free dan versi kedua atau TM. Perbedaannya ada pada jumlah levelnya. Versi gratisan hanya sampai pada level 50, sedangkan versi Plants Vs Zombie 2 hingga 300 level.

Namun karena lebih dulu rilis maka versi pertama meskipun memakan memori hingga 69MB namun pengunduhnya mencapai 100 juta lebih. Sedangkan versi kedua yang hanya 15MB baru mencapai 10 juta lebih.

4. Kingdom Rush Origins

game offline strategi, Kingdom Rush Origins

store.steampowered.com

  • Judul : Kingdom Rush Origins
  • Developer : Ironhide Game Studio
  • Harga : Rp 9.000,00

Kingdong Rush Origins adalah salah satu game strategi tower defense yang bakal mengajak kamu untuk membangun dan menyusun tower yang dilengkapi senjata untuk melawan para musuh.

Bangun pertahanan yang kuat agar semakin sulit ditembus dan membawamu semakin dekat dengan kemenangan, geng.

Walau harus membayar sedikit uang untuk membelinya, namun dengan grafis animasi tentu bakal membuat kamu semakin betah main berlama-lama deh!

5. Alien Creeps TD

game offline strategi, Alien Creeps TD

youtube.com

  • Judul : Alien Creeps TD – Epic tower defense
  • Developer : Outplay Entertainment Ltd
  • Harga : Free

Game android dengan jenis strategi dan tower yang cukup populer lainnya adalah Alien Creeps TD. Game yang satu ini menantangmu untuk membuat strategi khusus agar bisa bertahan dari serangan para alien.

Alien-alien tersebut mencoba untuk menghancurkan bumi sehingga kelangsungan bumi seakan-akan ada ditanganmu.

Kelebihan dari game ini adalah memiliki grafis yang sangat baik dan detail dari karakter cukup menarik. Meskipun terkadang akan ditemukan beberapa bug dan pertempurannya yang kadang terkesan membosankan.

6. Castle Doombad Free-to-Slay

game offline strategi, Castle Doombad Free-to-Slay

apkonline.net

  • Judul : Monster Castle
  • Developer : Lemix game
  • Harga : Free

Castle Doombad adalah game yang mengusung 2 genre sekaligus, strategi dan tower defense. Jangan harap dalam game ini kamu akan menjadi pahlawan super yang selalu membelas kebenaran. Justru sebaliknya, kamu berada dipihak penjahat.

Tugasnya, mencegah manusia yang datang untuk menyelamatkan sang putri yang kamu tangkap. Nantinya, sang putri yang kamu tangkap akan dibawa ke lantai paling atas.

Sedangkan manusia yang akan menyelamatkannya, muncul dan beraksi dari lantai bawah. Kamu memiliki beberapa tipe serangan yang bisa digunakan.

Beberapa diantaranya yakni; busur panah, jebakan yang bisa menjatuhkan musuh kembali ke lantai dasar, dan makhluk raksasa yang dapat menahan serangan.

7. 2020: My Country

game offline strategi, 2020: My Country

app4smart.com

  • Judul : Megapolis: city building simulator. Urban strategy
  • Developer : Social Quantum Ltd
  • Harga : Free

Game strategi offline terbaik di Android tidak melulu soal perang. Namun game ini mengajak Anda untuk mengatur strategi membangun kota masa depan.

Ya, 2020: My Coutry yang dikembangkan oleh Game Insight dan telah rilis sejak tahun 2015. Hingga kini permainan membangun kota ini telah mencapai versi ke-9.

Ini menunjukkan besarnya minat para penggunanya. Di Google Play Store saja game ini telah diunduh hingga 5 juta lebih.

Dalam game ini Anda harus mengatur strategi memperoleh uang untuk membangun kota. Uang diperoleh dari berbagai bangunan yang disewakan.

Gambaran masa depan dibuat indah dalam game ini. Manusia sudah memakai energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhannya.

Suasana alam pun kelihatan menghijau segar. Nah, kalau suka dengan game jenis pembangunan, cobalah mainkan game ini.

8. Chess Free

game offline strategi, Chess Free

pinterest.com

  • Judul : Chess Free
  • Developer : AI Factory Limited
  • Harga : Free

Game yang satu ini tentu tidak boleh ketinggalan dari daftar game offline strategi terbaik di Android. Apalagi kalau bukan Chess Free, gengs!

Game catur ini tentu membuat kamu harus memutar otak untuk meraih kemenangan dengan strategi yang bisa kamu atur sedemikian rupa.

Game besutan AI Factory Limited ini bisa dibilang game catur Andoid paling lengkap dengan berbagai mode, baik untuk pemula maupun profesional.

9. Little Commander

game offline strategi, Little Commander

app4smart.com

  • Judul : Little Commander – WWII TD
  • Developer : Cat Studio
  • Harga : Free

Little Commander adalah game strategi yang dapat kamu mainkan di Android dan layak menjadi salah satu yang terbaik. Apalagi kamu dapat memainkan game ini disaat sedang dalam kondisi offline alias tanpa internet.

Game ini memang sekilas mirip dengan game Command and Conquer. Namun, elemen strategi dari sisi visual menjadi salah satu keunggulan game yang satu ini.

Game yang dikembangkan oleh Cat Studio Hk ini memiliki karakter yang ditampilkan lebih variatif. Namun kadang game ini terasa berat dan adanya ketimpangan tingkat kesulitan di level tertentu.

Game offline Strategi PC Terbaik 2019

Kemudian untuk kamu yang butuh konsol lebih kompleks, bisa juga coba jajaran game strategi offline PC terbaik yang jauh lebih menantang dibandingkan dengan versi mobile-nya.

Selain itu, game strategi juga umumnya memiliki spesifikasi minimum yang lebih ramah untuk PC atau laptop kentang, loh. Cocok nih buat mengisi waktu luang, geng!

Mohon maaf tidak ada keterangannya untuk Game Offline Strategi PC

1. Civilization V

game offline strategi, Civilization V

youtube.com

 

Civilization merupakan game strategi yang sudah populer sangat lama yakni sejak 1991. Dan salah satu seri terbaik dari game ini adalah Civilization ke 5.

Game dengan genre strategi ini sangatlah kompleks, jika kalen belum pernah memainkan Civilization sebelumnya mungkin akan terasa kebingungan karenanya.

Walaupun begitu, jika kalen sudah memainkannya maka waktu di sekitar tidak akan terasa lagi bagi kalen semua. Jika kalem belum tahu, game Civilization ini mewajibkan kalen membangun suatu negara dari zaman purba hingga masa depan.

Walaupun terdengar rumit, namun sebenarnya tidak terlalu karena sobat tidak diharuskan menjalankan berbagai macam pekerjaan kenegaraan yang rumit.

Sobat di game ini hanya memutuskan beberapa hal untuk menjalankan suatu negara seperti teknologi yang akan dikembangkan, bangunan yang didirikan, prajurit yang dilatih, infrastruktur serta diplomasi dengan negara sebelah.

Di awal mula permainan, sobat akan disuruh memilih salah satu dari 18 kebudayaan yang sudah disediakan oleh game ini seperti Jepang, Amerika, dan Inggris.

Dan disetiap kebudayaan tersebut, ada keunikan tersendiri yang membuat mereka berbeda. Sebagai contohnya Inggris yang memiliki keunggulan dibidang kelautan atau Jepang yang memiliki militer yang kuat serta prajurit khusus “Samurai”.

Dengan semua keunikan yang didapatkan, game ini bisa sobat mainkan berkali-kali dengan metode yang berbeda-beda juga tanpa merasa bosan, Cina, Jerman dan lain-lain.

2.  Total War: Warhammer 2

game offline strategi, Total War: Warhammer 2

us.gamesplanet.com

Franchise Total War yang kini dikembangkan SEGA bersama Creative Assembly memiliki salah satu seri paling fenomenal, yakni Total War: Warhammer 2.

Pada game strategi offline PC ini kamu bisa memiliki beberapa faksi, yakni Lizardmen, Skaven, High Elves, dan Dark Elves dalam memperebutkan Great Vortex.

Seperti seri game lainnya, game strategi turn-based ini mengkombinasikan pertarungan 3D secara real-time dengan gameplay yang seru dan menegangkan.

3. Age of Empires II

game offline strategi, Age of Empires II

youtube.com

Age of Empires II bisa dikatakan adalah game strategi offline PC ringan legendaris. Game ini mengambil tema peperangan abad pertengahan.

Jadi, sobat Ikrimah sering melihat segala macam atribut khas peperangan abad pertengahan. Ada banyak peradaban yang muncul dalam game ini, mulai dari Viking, Turki, Byzantium, Persia hingga Atec dan Cina.

4. Warcraft III

game offline strategi, Warcraft III

polygon.com

Warcraft bisa dibilang termasuk game lawas tetapi masih eksis hingga saat ini apalagi bagi kamu penggemar game bernuansa strategi. Kalian wajib mencoba dan memainkan game ini.

Selain bisa dimainkan dalam mode offline game ini juga bisa dimainkan dalam mode online dimana kalian bisa bermain dengan teman kalian dalam jaringan LAN.

Dalam game ini kamu juga dapat memasang berbagai macam mod agar permainan menjadi tidak bosan saat memainkannya. Karakter dalam game ini berupa Orc, Undead, Nightelf dan Human.

Kalau kamu ingin memasang sebuah mod, misalnya mod Naruto, maka otomatis karakter yang akan keluar dan dimainkan berupa karakter Naruto.

Dalam game ini, kamu harus membangun sebuah markas untuk menyerang dan berlindung dari berbagai serangan.

5. Total War: Shogun 2

game offline strategi, Total War: Shogun 2

voidu.com

Jika kalian pernah mendengar nama Total War sebelumnya, berarti kalian ini penggemar sejati dari game offline strategi perang kerajaan pc seperti ini.

Game ini memfokuskan diri Anda untuk memperjuangkan Daimyo yang kalian kendalikan agar memenangkan perang dan menjadi Shogun yang merupakan pemimpin dari seluruh kekaisaran Jepang.

Game ini benar-benar dibangun secara serius oleh SEGA hingga memperhatikan faktor Bushido serta kehormatan untuk prajuritnya.

Game ini benar-benar akan memakan waktu sosial yang sobat punya karena sedikit saja sobat salah mengambil keputusan, maka prajurit milik sobat bisa kehilangan kepercayaan ke Daimyo yang sobat kendalikan.

Selain itu, manajemen dari game ini sangat kompleks hingga membutuhkan waktu agak lama sebelum sobat benar-benar menguasainya serta komputer dengan spek yang lumayan agar dapat memainkannya secara lancar.

6. Xcom 2

game offline strategi, Xcom 2

digitaltrends.com

Sekuel dari dua seri sebelumnya, Xcom 2 merupakan game strategi turn-based yang menekankan pada karakter dengan jalan cerita futuristik yang membuatmu betah saat memainkannya.

Pemain Xcom 2 akan melawan musuh berupa alien. Di sini, selain kamu harus bisa meningkatkan karakter, juga mengharuskan membangun fasilitas untuk membuka kemampuan baru.

7. Stardew Valley

gam offline strategi, Stardew Valley

polygon.com

Masih ingat dengan game legendaris Harvest Moon. Nah, kini ada game strategi PC yang cara mainnya kurang lebih mirip dengan Harvest Moon, namanya Stradew Valley.

Sama seperti game Harvest Moon, Stradew Valley juga menyimpan banyak rahasia yang harus kamu ungkap. Walaupun grafisnya hanya berupa 2D saja, namun game ini tetap asik untuk dimainkan.

Hal ini dibuktikan dengan angka penjualannya yang mencapai 400 ribu kopi diminggu ketiganya saja. Lebih kerennya lagi, ternyata game ini dibuat oleh satu orang saja, wow.

8. Anno 1701

game offline strategi, Anno 1701

sockscap64.com

Secara garis besar, game strategi PC Anno 1701 mengharuskan kamu untuk membangun sebuah kota yang maju. Sistem permainannya hampir mirip dengan Age of Empires.

Tapi bedanya, Anno 1701 lebih kompleks. Bayangkan saja, jika di Age of Empires kamu hanya perlu mengumpulkan 4 macam sumber daya (makanan, kayu, emas dan batu), maka di Anno 1701 jumlah sumber daya yang mesti kamu kumpulkan lebih banyak lagi.

Bukan cuma itu saja, sumber daya yang kamu miliki juga harus diolah labih lanjut sebelum bisa digunakan. Misalnya, jika ingin membangun rumah, maka kamu harus mengolah tanah menjadi batu bata.

9. Command and Conquer: Generals

game offline strategi, Command and Conquer: Generals

youtube.com

Jika beberapa judul game di atas adalah game PC strategi perang kerajaan, maka pada game ini latar tempat dan waktunya lebih modern.

Command adn Conquer: General merupakan game yang bercerita tentang peperangan antara dua negara super power yaitu Amerika Serikat, Republik Rakyat Cina, dan juga kelompok terorist bernama GLA (Global Liberation Army).

Kamu bisa memilih menjadi salah satu tiga kelompok tersebut. Tentu saja, masing-masing kelompok memiliki kelebihan dan kekurangan.


Akhir Kata

Nah, itu dia tadi 9 rekomendasi game strategi terbaik di PC yang bisa kamu coba. Ada yang bercerita tentang perang antar kerajaan, antar negara, ada juga game strategi yang kasual tanpa adanya adegan kontak fisik.

Silahkan pilih yang paling sesuai dengan keinginan kamu. Atau ingin mencoba semuanya?

Silahkan…

Show Comments

No Responses Yet

Tinggalkan Pesan

%d blogger menyukai ini: