Pengertian dan Macam-macam Hewan Herbivora

Setelah selesai membahas tentang hewan karnivora pada kesempatan sebelumya. Di kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang hewan herbivora. Tentang pengertian, ciri-ciri, dan juga contoh-contoh hewan herbivora.

Hewan digolongkan menjadi 4 jenis yang berbeda-beda. Yaitu karnivora, herbivora, omnivora dan insektivora.

Setiap golongan pasti memiliki perbedaan antara satu sama lain. Entah itu perbedaan makanannya, bentuk tubuhya, habitat atau kemampuannya.

Nah sekarang saya akan mengajak kalian semua untuk mengenal lebih dekat tentang hewan karnivora.

Mungkin saja teman kalian yang lain sudah mengetahuinya atau bahkan sudah faham tentang hewan ini. Mari kita membahasnya kembali. Selamat membaca!

Baca jugaContoh, Ciri-ciri dan Pengertian Hewan Karnivora

Pengertian Hewan Herbivora

Pengertian Hewan Herbivora
Source: kittyencyclopedia.wordpress.com

Hewan herbivora adalah golongan hewan pemakan tumbuhan. Hewan herbivora bertahan hidup dengan mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang ada di lingukangan sekitar mereka.

Pada umumnya hewan pemakan tumbuhan (herbivora) tidak memiliki gigi taring yang tajam. Karena giginya yang tidak begitu tajam memungkinkan mencerna makanannya dengan mudah.

Keberadaan hewan herbivora tersebar luas diberbagai belahan dunia. Pada umumnya hewan herbivora hidup di darat.

Hewan herbivora lebih pandai mencari makanan yang ada di alam seperti dipadang, rumput, semak-semak, dan hutan.

Supaya kalian bisa memahami hewab herbivora lebih jauh lagi, mari simak ulasan berikut ini adalah contoh hewan herbivora beserta penjelasannya.

Ciri-ciri Hewan Herbivora

  • Berdarah panas dan berkaki empat.
  • Tempat tinggalnya bisa bergabung dengan hewan jenis herbivora lain.
  • Hewan herbivora berkembang biak secara vivipar (beranak).
  • Tidak mempunyai gigi taring yang tajam.
  • Memiliki geraham yang lebar dan kuat.
  • Makanan utamanya adalah tumbuhan.
  • Biasanya hewan herbivora golongan hewan mamalia atau hewan menyusui.
  • Hidup secara berkelompok.
  • Masuk ke dalam golongan hewan yang bertulang belakang.
  • Sangat bermanfaat bagi manusia.
  • Sebagian besar hewan herbivora adalah mangsanya hewan karnivora.

Contoh Hewan Herbivora Beserta Nama Latinnya

Setelah pembahasan tentang pengertian dan ciri-ciri hewan herbivora. Alangkah baiknya kita juga mengetahui contoh-contohnya dari hewan herbivora.

Agar kalian bisa membedakan golongan hewan herbivora dengan golongan hewan lainnya, langsung saja kita bahas contoh hewan herbivora antara lain.

1. Sapi (Bos taurus)

Sapi (Bos taurus)
Source: barat-senja.blogspot.com

Sapi adalah hewan yang paling mudah dijadikan sebagai contoh hewan pemakan tubuhan (herbivora). Pada umumnya makanan utama sapi yaitu rerumputan dan dedaunan.

Tidak hanya itu, sapi adalah hewan herbivora yang makanan pokoknya tidak bergantung pada rumput.

Pada zaman tradisional sapi dimanfaatkan tenaganya sebagai alat transportasi dan untuk membajak sawah. Namun pada zaman yang semakin canggih ini, biasanya sapi dijadikan sebagai hewan ternak.

Selain dimanfaatkan dagingnya karena banyak mengandung gizi, sapi juga adalah sumber protein seperti susu sapi yang memperbaiki nilai gizi pada manusia.

Bahkan kotorannya bisa menyuburkan tanah. Selain menyuburkan tanah, bisa juga digunakan sebagai bahan bio gas.

2. Kambing (Capra aegagrus hircus)

Kambing (Capra aegagrus hircus)
Source: blogcarabeternak.blogspot.com

Kambing juga termasuk ke dalam contoh hewan herbivora lainnya, kambing memiliki gigi gerahan yang berguna untuk mengunyah rerumputan.

Kambing memiliki empat kaki untuk membantu dirinya untuk berlari yang sangat kencang sehingga dapat menghindari dari seranga hewan karnivora lainnya.

Pada zaman modern ini sapi sering dijadikan sebagai hewan ternak. Selain itu juga daging kambing mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh manusia.

Ada satu jenis kambing yang dapat menghasilkan susu, susu kambing ini memiliki nilai gizi sedikit lebih tinggi dari susu sapi, yaitu kambing etawa.

Sehingga tidak jarang lagi kambing dimanfaatkan sebagai barang konsumsi yang menyehatkan.

3. Unta (Camelus)

Unta (Camelus)
Source: duniatimteng.id

Onta adalah salah satu hewan herbivora yang hidup di padang pasir. Onta mampu hidup lama tanpa meminum air, karena onta menyimpan cadangan airnya di dalam punuk.

Onta memiliki satu punuk dan ada juga yang memiliki dua punuk. Onta memiliki empat kaki dan masing-masing kakinya memiliki kuku.

Onta banyak ditemukan di daratan afrika dan di daerah gurun-gurun asia. Rata-rata umur unta adalah antara 30 sampai 50 tahun.

Pada zaman dahulu onta sering dijadikan alat transportasi tradisional, selain itu juga bisa diambil susunya yang memiliki nutrisi lebih tinggi dari pada susu sapi.

4. Tapir (Tapirus)

Tapir (Tapirus)
Source: blogs.ntu.edu.sg

Tapir adalah hewan herbivora, pada umumnya mereka memakan dedaunan dan rumput-rumput yang mengandung air.

Lingkungan hidup mereja di hutan dan di pinggiran sungai. Bentuk tubuh tapir menyerupai babi dan mulutnya yang panjang mirip trenggiling, sementara lenguhannya mirip seperti suara burung daripada hewan mamalia.

Tapir merupakan hewan soliter, yaitu hewan yang suka menyendiri dan suka bersosialisasi dengan hewan lainnya.

Tapir ini aktif pada siang hari, dan istirahat pada siang hari.

5. Anoa (Bubalus sp.)

Anoa (Bubalus sp.)
Source: marwell.org.uk

Anoa adalah hewan endemik yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Hewan ini sudah masuk dalam zona merah atau bisa dibilang dengan terancam punah karena sering diambil kulit, daging dan tanduknya.

Anoa memiliki habitat yaitu di Sabana dan di padang rumput. Selain itu anoa juga cenderung hidup di daerah yang berdekatan dengan air seperti rawa-rawa.

Meraka juga penghuni hutan yang bertahan hidup dengan cara berpindah-indah tempat. Ano termasuk hewan herbivora, mereka memakan makanan yang mengandung air seperti rumput, pakis, buah-buahan, tunas-tunas pohon, dan sebagian jenis umbi-umbian.

6. Kuda (Equus caballus)

Kuda (Equus caballus)
Source: inhilklik.com

Kuda merupakan salah satu dari sepuluh mamalia modern yang berasal dari genus equua. Hewan ini berperan sangat penting dalam pengangkutan barang maupun manusia selama ratusan tahun yang lamanya.

Selain itu kuda juga salah satu hewan yang dijadikan sebagai hewan ternak.

7. Badak (Rhinocerotidae)

Badak (Rhinocerotidae)
Source : luminaiik.blogspot.com

Badak adalah salah satu hewan dari lima yang termasuk ke dalam keluarga rhinocerotidae dari ordo perissodactyla. Hewan ini mempunyai ukuran tubuh yang besar dan mempunyai tanduk pada bagian kepalanya. Badak berasal dari Benua Afrika atau Benua Asia.

Badak juga termasuk ke dalam salah satu hewan mamalia dan herbivora. Tetapi jangan salah, walaupun termasuk hewan herbivora, badak merupakan hewan yang berbahaya.

Di negara Nepal dan India badak merupakan penyebab kematian terbesar melebihi harimau dan macan tutul.

8. Jerapah (Giraffa camelopardalis)

Jerapah (Giraffa camelopardalis)
Source : buko-moto.blogspot.com

Jerapah termasuk ke dalam hewan mamalia berkuku genap dan merupakan spesies tertinggi yang hidup di darat. Tinggi jerapah jantan mencapai 4,8 sampai 4,4 meter dan beratnya mencapai 1.360 kg.

Sedangkan jerapah betina memiliki tinggi dan berat di bawah jerapah jantan. Hewan ini masih memiliki ikatan hubungan dengan hewan lain seperti sapi, rusa, namun dari suku yang berbeda.

Habitat utama jerapah adalah wilayah Chad sampai dengan wilayah Afrika Selatan. Jepah termasuk kedalam hewan herbivora atau hewan pemakan rumput.

9. Rusa (Cervidae)

Rusa (Cervidae)
Source: pixabay.com

Rusa adalah jenis hewan mamalia yang termasuk dalam keluarga cervidae. Ciri yang paling menonjol pada rusa adalah antler (tanduk rusa).

Tetapi tanduk yang dimiliki oleh rusa berbeda dengan tanduk hewan lain. Tanduk rusa akan bertumbuh pada saat musim panas, terutama untuk rusa jantan.

Rusa dewasa pada umumnya memiliki berat sekitar 30 sampai 250 kg. Rusa juga termasuk hewan yang mempunyai luwes, badan kompak dan panjang dan kaki yang kuat yang cocok untuk habitat hutan.

Rusa juga termasuk hewan yang hidup di daratan, walaupun hidupnya di sekitar daratan rusa adalah perenang yang handal.

10. Gajah (Elephas)

Gajah (Elephas)
Source: inspiradata.com

Gajah adalah jenis hewan mamalia yang memiliki ukuran tubuh yang tinggi dan besar. Hewan ini juga termasuk ke dalam keluarga elephantidae dan proboscidae.

Gajah adalah salah satu hewan yang berasal dari Benua Afrika. Gajah Afrika jantan adalah hewan darat terbesar yang memiliki tinggi mencapai 4 m dan berat sekitar 7 ton.

Hewan ini mempunyai beberapa ciri khusus, ciri-cirinya yang paling menonjol adalah belalainya. Yang digunakan oleh sigajah untuk berbagai macam hal, salah satunya yaitu untuk bernafas.

Selain itu juga gajah memiliki gigi seri yang tumbuh menjadi gigi taring, yang biasa digunakan untuk senjata saat beliau terancam.

Gajah juga memiliki sepasang telingan yang besar. Gajah juga termasuk ke dalam golongan hewan pemakan rumput (herbivora).

Sekian penjelasan tentang pengertian, ciri-ciri dan contoh-contoh hewan herbivora. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi teman-teman yang telah membacanya.

Saya ucapkan terima kasih atas kunjungan ke website Ikrimah.com jangan lupa like dan komentarnya yah!

Leave a Reply