Hewan Peliharaan

Pada umumnya hewan peliharaan adalah hewan yang secara sengaja dipelihara manusia sebagai teman mainnya.

Bahkan ada beberapa hewan juga yang bisa di manfaatkan untuk membantu beberapa orang seperti menjaga rumah, membajak sawah, mengusir hama, bahkan juga teman untuk menghilangkan rasa bosan dan stress karena aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa jenis hewan yang bisa dipelihara, seperti halnya reptil, unggas dan hewan mamalia. Dan saya akan membuat artikel hewan peliharaan.

Anda juga bisa memilih salah satu berdasarkan beberapa aspek yang disukai, misalnya Anda melihat dari segi bentuknya yang lucu, atau cara perawatannya yang mudah.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi kepada kalian semua mengenai kata contoh hewan peliharaan dan makanannya. Mari kita simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: 15+ Hewan yang Sudah Punah dan Hampir Punah

Hewan Peliharaan Rumah yang Anti-Mainstream

hewan anti-mainstream, serem, unik

Kebanyakan orang akan merasa bosan karena rutinitas pekerjaannya masing-masing, mulai dari berangkat ke kantor, kemudian pulang dan tidur, keesokan harinya berangkat lagi ke kantor.

Semua hal tersebut akan membuat mereka mengalami kejenuhan atau membosankan. Ada salah satu cara untuk menguranginya, yaitu memelihara hewan rumah.

Hewan adalah teman yang menyenangkan, mereka tidak bertanya dan mereka tidak memberikan kritik.

Tentu saja dalam memelihara hewan pasti kalian ingin memiliki peliharaan yang unik dan tidak biasa-biasa saja.

Berikut di bawah ini beberapa hewan peliharaan yang unik dan tidak biasa-biasa saja (anti-mainstream) dan mudah untuk dipelihara. Berikut gambar hewan peliharaannya.

1. Marmut – Hewan Liar Menggemaskan

Marmut , hewan lucu, hewan imut

Marmut adalah salah satu jenis hewan pengerat dengan habitat asli di sekitar pegunungan atau dataran tinggi. Banyak juga orang-orang yang memeliharanya karena bentuk tubuhnya yang menggemaskan.

Tidak juga sedikit yang mencoba untuk membudidayakannya, karena dinilai mudah dalam perawatan juga harga jual yang tidak sedikit.

Hewan ini memiliki fisik yang mirip dengan hamster namun dengan ukuran yang lebih besar dari hamster. Dengan di balut bulu halus beraneka warna dari mulai coklat, putih, hitam, coklat tua dan coklat muda.

Harga marmut dipasaran sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 400.000 tergantung ukuran dan juga jenis marmut.

Jika Anda ingin mempertahankannya, alangkah baiknya jika Anda mendapatkan pasangan. 1 pria dan wanita lainnya.

Membeli sepasang marmut agar tidak kesepian juga memberi kesempatan bagus untuk berkembang biak dan menambah koleksi.

Marmut biasanya memiliki makanan yang khusus, yang biasa dijual di toko-toko hewan peliharaan (pet shop). Bisa juga ditambahkan makanan alami seperti halnya sayur dan buah-buahan.

2. Kura-kura Air – Hewan yang Pemalu Tapi Banyak dicintai

kura-kura air, hewan lucu, menggemaskan, hewan peliharaan imut dan murah

Hewan ini memiliki bahasa latinnya sendiri yaitu Trrapine Carolina, hari ke hari hewan peliharaan yang sedang populer di kalangan para pecinta hewan reptil.

Hewan berbentuk mungil ini hampir ada di semua perairan dunia, daerah subtropis maupun tropis, baik di air tawar maupun di air laut.

Yang menarik perhatian orang-orang untuk memelihara hewan yang satu ini diantaranya kesan hewan purbanya melekat pada hewan ini.

Penampilannya sangat lucu dan unik, warna cangkang yang indah, terutama cangkangnya itu yang membuat kura-kura air disenangi sebagai hewan kesayangan.

Kura-kura air ini terkenal di kota-kota besar Indonesia pada beberapa tahun terakhir, Untuk di negara Amerika dan Eropa hewan ini lama menjadi hewan peliharaan yang dijadikan sebagai hewan kesayangan.

3. Burung Hantu – Hewan Cerdas Tapi Menyeramkan

Burung hantu, hewan pintar, hewan menyeramkan, hewan lucu

Di dalam sebuah kartun hewan ini diberi nama Owl. Jika di Indonesia hewan ini disebut burung hantu, karena burung ini adalah tipe hewan nokturnal.

Nokturnal adalah hewan yang hidup dimalam hari, dan dengan wajah yang sedikit menyeramkan maka disebutlah burung hantu.

Cara menjaganya, burung hantu tidak bisa disamakan dengan burung. Mereka membutuhkan sentuhan pemilik untuk menjadi jinak, sehingga pemilik akan menjadi lelah.

Cara merawat burung hantu ini, dia tidak membutuhkan sangkar. Karena jika dimasukkan ke dalam sangkar akan membuatnya stres dan semakin sulit untuk dijinakkan.

Buatlah tenggeran/tempat bertengger untuk burung hantu ini sebagai rumahnya, dan jangan lupa untuk mengikat kakinya.

Hewan ini sudah terbiasa hidup di alam liar dan sangat berbahay untuk dipelihara. Burung hantu termasuk ke dalam kategori hewan karnivora.

Karena ia memiliki cakar dan paruh yang kuat untuk dimanfaatkan para petani untuk menjadi pemburu tikus diarea persawahan.

4. Musang – Tampang Seram Tapi Jinak, eh?

musang lucu, bobo cantik, musang lucu dan imut

Para pecinta musang sangat cocok dijadikan alternatif hewan kesayangan. Buat kalian yang ingin memelihara hewan ini harus berhati-hati.

Karena musang mempunyai kecendrungan untuk menyerang/menggigit siapapun yang berada di dekatnya.

Hewan ini sangatlah aktif, mereka sangat agresif dan suka mengeksplor menjelajahi hal-hal baru.

Hewan ini cocok sebagai peliharaan alternatif, dan memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah musang memakan makanan yang mudah didapatkan yaitu pisang dan nasi.

Selain itu, ada satu hal lagi yang menjadi kelebihan dari seekor musang tersebut. Kelebihan tersebut adalah musang tidak mengeluarkan suara yang berisik dan kotoran musang juga tidak sebau hewan peliharaan lainnya.

Jika Anda memiliki keinginan untuk mempertahankannya, disarankan untuk membelinya karena rubah masih bayi.

Karena hewan ini termasuk hewan liar, maka jika memelihara dari hasil tangkapan di hutan akan lebih gampang untuk dijinakkan.

Ada beberapa jenis rubah yang bisa menjadi teman. Diantaranya adalah sapi bulan, pandan, Rusia, dan rubah.

5. Iguana – Reptil jinak yang Terkesan ‘Purba’

Iguana, hewan menyeramkan, hewan purba, eksotis, tapi jinak

Iguana adalah salah satu jenis hewan reptil dan termasuk ke dalam kategori kadal. Iguana ini banyak ditemukan di wilayah Amerika.

Har-hari ini iguana banyak menjadi hewan kesayangan, banyak dijadikan hewan peliharaan. Meskipun iguana termasuk ke dalam hewan yang tidak mudah untuk dirawat.

Jadi pastikan Anda membeli iguana dalam kondisi baik dan sehat.

Banyak orang-orang yang menjadikan hewan sebagai peliharaannya lantaran iguana memiliki keunikannya tersendiri.

Iguana tersendiri memiliki daya tarik, diantaranya adalah binatang ini berkesan purba dengan kulit yang eksotis.

Jenis iguana yang paling banyak dipelihara orang-orang adalah iguana hijau yang dikenal dengan kelebihan penampilan yang lincah, gesit, dan juga responsif.

Iguan hijau juga termasuk hewan yang mudah dijinakkan. Hewan ini memiliki gelambir kulit yang lebar di lehernya, ini berfunsi untuk alat pengatur suhu tubuh. Gimana menurut kalian? Apakah kalian tertarik untuk memeilihara iguana?

Hewan Peliharaan Rumah yang Lucu dan Imut

hewan peliharaan rumah lucu, imut, dan pinter

Banyak sekali jenis hewan atau spesies yang dapat dijadikan sebagai peliharaan. Misalnya seperti hewan peliharaan kucing, burung, anjing, ikan, dan masih banyak lagi lainnya.

Biasanya orang-orang memilih memelihara hewan melihat dari banyak sekali aspek. Seperti fisiknya, fungsinya, maupun cara perawatan yang mudah.

Nah, selanjutnya saya akan memberikan informasi beragam hewan yang cocok untuk dijadikan teman sehari-hari. Silahkan lanjutkan membacanya!

1. Hewan Peliharaan – Kucing Persia

Kucing hewan lucu, imut, menggemaskan, pintar

Kucing persia adalah hewan peliharaan lucu dan jinak, yang datang dari spesies kucing, bagi para pecinta kucing tentu saja sudah tidak asing lagi dengan spesies yang satu ini.

Dengan tubuh yang penuh dengan bulu yang lebat dan kakinya yang pendek, membuat kucing persia ini banyak disukai atau dipelihara oleh semua kalangan.

Kucing persia ini bisa dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya, perawatannya pun cukup mudah hanya dengan membersihkan bulu-bulunya saja setiap hari dan memandikannya sesekali untuk merontokkan bulu yang sudah tua dan mati.

2. Hewan Peliharaan – Anjing Pomeranian

Anjing Pomeranian, lucu banget, anjing pintar, hewan peliharaan

Anjing yang spesies seperti berikut ini sangat cocok untuk dipelihara, terutama untuk seorang pemula karena anjing pomeranian sangat mudah diatur.

Butuhnya yang kecin dan lucu membuat anjing ini banyak disukai banyak orang-orang, ditambah dengan karakternya yang selalu ceria dan suka berlarian kesana-sini membuat anjing pomeranian ini tampak lebih menggemaskan.

Bulu anjing pomeranian ini berwarna coklat keputihan dan sangat lembut ketika disentuh, hal inilah yang membuat bulunya harus sering disisir agar tidak kusut.

Selain itu juga bisa sesekali Anda memandikannya dengan menggunakan shampo, namun harus segera dikeringkan agar anjing ini tidak mengalami kedinginan.

3. Hewan Peliharaan – Kelinci Lion Head

Kelinci Lion Head, hewan peliharaan, hewan lucu, hewan menggemaskan

Kelinci lion head adalah salah satu kelinci yang biasa dipelihara karena tampilannya yang lucu, kelinci ini memiliki warna bulu yang menyerupai dengan singa.

Telingannya pun tegak ke atas dengan muka yang bundar. Bulu yang dimiliki kelinci ini sama seperti kucing persia yaitu sangat lebat, halus dan lembut ketika disentuh.

Selain itu ukurannya pun tidak terlalu besar, sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan, berat tubuh kelinci ini hanya 1 sampai 2 kg saja.

Cara memeliharanya pun cukuplah mudah karena tidak membutuhkan kandang yang terlalu besar dan makanan hewan ini juga mudah didapatkan.

4. Hewan Peliharaan – Burung Kakatua

hewan peliharaan, hewan lucu, burung kakatua, kakak tiri

Burung kakatua, siapa sih yang tidak tahu dengan burung yang satu ini, burung ini di habitat aslinya banyak tersebar di wilayah Timur Indonesia, Australia, dan Papua Nugini.

Menurut data dari setiap negara burung ini adalah salah satu burung yang memiliki kepintaran di atas rata-rata. Bahkan ada juga yang bisa menirukan suara manusia. Burung kakatua termasuk hewan peliharaan yang bisa dilatih.

Tetapi hewan ini dipelihara bukan hanya karena kepintarannya saja, namun karena banyaknya jenis serta karakteristik yang berbeda-beda dari spesies ini.

Berawal dari paruhnya, bulunya, serta jambulnya yang khas hanya dimiliki burung ini sangatlah menarik perhatian semua orang.

5. Hewan Peliharaan – Ikan Cupang

Ikan Cupang, hewan ternak, hewan peliharaan, hewan keren, hewan petarung, hewan lucu

Ikan cupang atau bisa juga disebut dengan ikan petarung adalah salah satu jenis ikan yang tidak perlu diragukan lagi kecantikannya. Dan ikan cupang ini termasuk hewan peliharaan murah meriah.

Ikan ini memiliki warna terna gyang sangat cantik dengan sirip di bagian ekornya yang sangat khas. Hewan peliharaan bahasa inggris ikan cupang adalah Betta Fish, lucukan? Hehehe.

Karena itulah ikan cupang ini menjadi populer di kalangan pecinta ikan hias baik masyarakat lokal Indonesia bahkan dari manca negara sekalipun. Ikan cupang termasuk hewan yang hidup di air.

Hewan Peliharan yang Dapat Menguntungkan

uang koin

Orang-orang memelihara hewan ada cara tersendirinya. Ada orang yang memelihara hewan hanya untuk sekedar melampiaskan hobinya.

Dan banyak juga yang menjadikan hewan sebagai media usaha. Jika kita memilih alasan yang kedua, maka berikut ini ada 5 hewan yang mudah untuk dipelihara dan berpeluang memberi keuntungan besar Coy! Gas!

1. Bebek Peking

Hewan ternak, hewan peliharaan, bebek potong, hewan lucu

Hewan ini tidak terlalu agresif. Mereka sangat mudah dirawat, Memiliki nafsu makan yang banyak, tidak memerlukan tempat besar, dan bebek tidak galak.

Selain bisa membantu menghabiskan sisa makanan, mereka memiliki daging dan telur yang bisa dimanfaatkan orang-orang.

Hanya ada sedikit kekurang pada hewan ini, yaitu bebek cukup lamban dan lemah, sehingga rawan menjadi sasaran empuk predator.

2. Kelinci

kelinci, hewan peliharaan, hewan ternak, hewan lucu

Hewan lucu yang satu ini menjadi pilihan lagi bagi kamu yang ingin membuka usaha hewan. Dagingnya pun bisa dijadikan sumber penghasilan, dan tidak sedikit pula jenis kelinci yang dipelihara sebagai hewan hias.

Tidak terlalu membutuhkan tempat yang besar, dan juga makanannya yang tidak ribet. Bahkan kita juga bisa memanfaatkan sisa-sisa sayuran dan potongan rumput.

Kita hanya memberikan kebebasan di kebun. Selain untuk dimakan, mereka juga bisa mengahasilkan pupuk yang bagus. Jika kalian ingin lebih aman, kita bisa memberikannya kandang yang nyaman.

3. Ayam

Ayam, hewan ternak, ayam adu, ayam kate, hewan peliharaan

Hewan berkaki dua ini sudah umum dijadikan hewan ternak. Banyak yang bisa dimanfaatkan dari ayam, misalnya dari dagingnya, telurnya, dan kotorannya sekaligus.

Untuk kandangnya juga tidak perlu ribet, Anda hanya perlu menyiapkan tempat sekiranya bisa dijadikan area berteduh, tempat untuk mengerami telurnya nanti, dan tempat berlindung dari para mangsa.

Makanannya juga tidak ribet, ayam hampir menyukai semua makanan. Hanya saja hewan ini rentan penyakit, kutu, atau tungau. Ayam ini merupakan hewan yang bertelur.

Salah satunya yang harus sering kita perhatikan adalah kebersihan kandangnya. Sebab jika ada satu ayam yang terkena penyakit, maka yang lainya akan ikut tertular.

4. Kambing

kambing, hewan ternak, hewan menyusui, anak kambing, kambing conge

Hewan yang satu ini juga salah satu pilihan favorit para peternak. Kambing memang menawarkan banyak hal. Mulai dari dagingnya, susunya, dan juga kulitnya.

Dan susu kambing juga lebih mudah dicerna ketimbang dengan susu sapi. Makanannya juga tidak ribet.

Makanan favorit kambing adalah rumput, jerami, atau sayur-sayuran. Mengingat ukurannya yang lumayan besar, kita membutuhkan kandang yang agak lapang.

Selain terhindar dari hujan, kandang juga bisa menjadi tempat berlindung. Jika hari sudah siang, alangkah baiknya mereka dibebasliarkan di tanah lapang.

Namun kita harus tetap waspada, mengingat kambing ini cukup rentan penyakit. Lebih parahnya lagi jika problemnya terletak pada perut, biasanya gejala tersebut menjadi peringatan keras agar kita segera bertindak.

Selain itu, alangkah baiknya kita memelihara hewan ini secara berpasangan. Karena kambing hewan sosial yang memerlukan interaksi dengan sesama. Pastikan mereka semua tetap dalam keadaan senang.

5. Sapi

sapi, hewan ternak, susu sapi, hewan peliharaan

Untuk kalian yang masih pemula tidak direkomendasikan memelihara hewan ini. Sapi memiliki tubuh yang berat dan besar, otomatis mereka juga memerlukan kandang yang lebih besar lagi.

Apalagi jika kita mau mengembalakan mereka di padang rumput. Tentu saja mereka juga menyedot air dan makanan yang cukup banyak.

Penangannya punt tidak bisa disepeleka. Salah-salah, sapi bisa menciderai. Namun kalau kita bisa menanganinya dengan baik, keuntungannya pun lumayan gede.

Sapi yang mudah diternak dan sudah banyak dijadikan bisnis sapi potong. Jenis-jenis sapi antara lain:

Jenis-jenis Sapi

  • Sapi Ongole

Sapi ini memiliki ciri-ciri antara lain berwarna putih, sapi tersebut berasal dari India sehingga mampu beradaptasi dengan iklim tropis.

Pertumbuhan atau perkembangan sapi ini cukup lambat, sekitar 4-5 tahun sehingga banyak peternak yang menyilangkan sapi Ongole dengan sapi jenis lain.

  • Sapi Limousin

Sapi impor yang berasal dari negara empat musim ini yaitu sapin Limousin, dapat bertahan hiduo di iklim tropis seperti Indonesia.

Sapi berjenis ini memiliki tubuh yang besar dengan daging yang cukup banyak sehingga peternak sapi menyukai sapi jenis ini dan dijadikan sebagai sapi pedaging.

  • Sapi Brahman

Sapi jenis impor yang lain adalah sapi Brahman, memiliki ciri-ciri tubuh yang besar dan pertumbuhan daging yang cepat.

Sapi Brahman menjadi sapi primadona bagi para peternak sapi di Indonesia sebagai sapi pedaging.

Sapi-sapi impor terkenal dengan kebanyakan sapi pedagingnya dibandingkan dengan sapi lokal.

  • Sapi Madura

Sapi Madura ini adalah sapi lokal yang memiliki ciri khas berwarna merah dan kuning dan berpunduk.

Pertumbuhan sapi ini tergolong sangat lambat dan mengalami proses pertumbuhan berat badan yang cukup lama namun cocok untuk menambah keuntungan dalam membuka usaha peternakan sapi.

  • Sapi Bali

Sapi Bali ini mudah untuk dirawat sebagai hewan ternak karena kemampuan beradaptasinya sangat baik ketika berada di lingkungan baru.

Jenis sapi seperti ini memiliki banyak keunggulan yang banyak disukai oleh para peternak lokal meskipun sapi Bali lebih cocok dibudidayakan di wilayah Timur Indonesia.

Sapi madura memiliki kualitas daging yang harus dibudidayakan karena memiliki tekstur yang lembut namun rendah lemak.

Itulah beberapa hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara yang menggemaskan dan bisa mengatasi stress dan kejenuhan.

Apakah kalian sudah menentukan 5 hewan peliharaannya? Jika sudah jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan hewan peliharaanmu ya! Jangan lupa berikan nama hewan peliharaan kalian yang unik yah.

Sekian, terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

Tinggalkan Pesan

%d blogger menyukai ini: