Wow! 6 Kerajinan Batok Kelapa yang Sederhana Keren dan Unik!

Anda sedang bingung, memiliki sahabat yang sedang berunglang tahun tapi mau ngasih kado apa? Dan sekarang saya akan memberikan beberapa contoh kerajinan dari batok kelapa yang keren dan unik.

Kerajinan dari batok kelapa ini bisa anda jadikan sebagai kado atau hadiah ulang tahun yang istimewa untuk sahabat dekat anda.

Kado terunik dan terkeren adalah kado yang terbuat dari buah tangan manusia alias handmade, yang dimaksud adalah kerajinan tangan.

Ini solusinya agar kadomu istimewa, berikut beberapa kerajinan batok kelapa yang keren dan unik, pilihlah yang spesial untuk sahabatmu spesialmu.

Baca juga: Ide kreatif kerajinan dari kayu!

Kerajinan Batok Kelapa: Miniatur Vespa

miniatur vespa

Source: matohcraft.blogspot.com

Cara membuat miniatur dari batok kelapa ini sebenarnya cukup mudah. Langkah pertama kamu harus membuat pola bagian-bagian vespa sedetail mungkin.

Beralih kelangkah kedua, kemudian kamu memotong sesuai pola tersebut secara presisi. Lalu rekatkan menggunakan lem lalu beri pernis sebagai pemanis.

yang paling penting adalah kamu harus jeli dan teliti untuk dapat membuat miniatur motor vespa seperti gambar yang ada di atas.

Kerajinan batok kelapa seperti vespa ini sebenarnya sudah cukup banyak beredar di pasaran. Harga satu vespa tersebut cukup terbilang mahal.

Namun harga tersebut sebanding dengan kerajinan dari batok kelapa tersebut, dan berapapun akan rela dibayarkan.

Kerajinan Batok Kelapa: Miniatur Perahu Layar

miniatur perahu layar

Source: tokopedia.com

Miniatur yang satu ini juga serupa dengan vespa yaitu miniatur perahu layar. Cara pembuatannya pun sama yaitu fokus pembuatan pada pola, pemotongan, serta penyatuan bahan.

Miniatur ini biasanya dipajang di dalam kaca setiap penjualannya. Semakin unik, rumit, serta besar ukuran perahu tersebut, akan semakin mahal pula harganya.

Jika miniatur ini dikasihkan ke ketemenmu atau sahabatmu lalu ditempatkan disalah satu ruangan di rumahmu, makan akan semakin menarik bukan!?

Kerajinan Batok Kelapa: Gelas dan Teko

gelas dan teko

Source: mangkoktempurungkelapa.wordpress.com

Bentuknya bulat dan alami, membuatnya pun sangat mudah jika anda ingin mengolah kembali sebagai sebuah wadah.

Contohnya seperti gelas dan teko, kerajinan semacam ini terbilang masih agar jarang ditemukan.

Justru karna masih langka, akan sangat menarik jika kita sudah memilikinya bukan?

Jika anda ingin membuat kerajinan ini dengan cara yang mudah dan sederhana, anda memerlukan alat serta bahan seperti kayu, gergaji, amplas, lem, pisau, kemudian lem.

Cara membuatnya sederhana:

  1. Potong tempurung menjadi 1/3 bagian. Bagian yang besar bisa dijadikan sebagai wadah utama gelas. Sementara potongan yang kecil tersebut bisa dijadikan alas gelas.
  2. Setelah selesai dipotong, gosok seluruh permukaan menggunakan amplas sampai halus.
  3. Lalu buat pegangan gelas tersebut.
  4. Kemudian rekatkan semua bagian-bagian tersebut menggunakan lem. Berikut sentuhan warna yang agak menarik.
  5. Langkah selanjutnya adalah jemur kerajinan batok kelapa tersebut, dan jadilah sebuah gelas dan teko unik yang sudah siap pakai.

Kerajinan Batok Kelapa: Lampu Hias

lampu hias

Source: ibnudin.net

Lampu hias merupakan sebuah benda yang keberadaannya dapat mempengaruhi suasana sebuah ruangan.

Apalagi jika corak, desain, serta pijaran cahaya yang keluar unik nan eksotis, pasti kamu akan betah berdiam lama di dalam kamar itu.

Batok kelapa juga bisa dijadikan kerajinan batok kelapa yaitu menjadi lampu hias, cara membuatnya sederhana, alat yang anda perlukan adalah bor listrik kecil, kawat besi, amplas, cat pernis, dan tali.

Berikut cara pembuatannya:

  1. Bersihkan dan haluskan terlebih dahulu batok kelapa, usahakan cari batok yang masih bagus ya.
  2. jika sudah dibersihkan, gambar pola sesuai dengan kreatifitasmu untuk nanti dijadikan lubang pijaran cahaya lampu.
  3. Kemudian potong secara perlahan, dan jangan lupa kasih lubang untuk termpat lampu serta dudukan agar lampu hias lebih solid.
  4. Lalu rekatkan keduanyamenggunakan kawat besi, dan tambahan kan cat pernis sebagai pemanis.

Kerajinan Batok Kelapa: Celengan Unik

celengan unik

Source: cilegonantik.blogspot.com

Celengan yang berbahan plastik atau keleng sudah sangat banyak didapati diberbagai tempat, kalian bisa lihat benda ini dijual dimana saja.

Desain celengannya juga biasanya itu-itu saja, kalau tidak berbentuk tabung, yang berbentuk ayam. Butuh usaha yang kersa jika ingin menemukan celengan yang memiliki desain yang menarik.

Jadi kurang menarik jika itu dijadikan sebagai hadiah. Namun jika kalian masih tetep ingin menjadikan celengan sebagai hadiah, ada satu jalan pintas yang bisa digunakan. Yaitu dengan cara membuat celengan sendiri.

Bahan-bahan yang harus anda persiapkan untuk membuat celengan adalah gergaji, pisau, lem, serta ampals kasar dan halus. Berikut cara pembuatannya:

  1. Pilihlah batok kelapa yang masih bagus dan masih berbentuk bulat, tidak masalah jika sudah terbelah asalkan masih bisa disatukan kembali.
  2. Bersihkan bagian luar dan bagian dalamnya menggunakan amplas hingga halus.
  3. Jika sudah lumayan halus, buat sebuah lubang untuk memasukkan uang.
  4. Rekatkan kembali tempurung menggunakan lem perekat.
  5. Alplas lagi higga benar-benar halus, lalu percantik menggunakan cat perwarna dan pernis. Celengan pun sudah jadi.

Kerajinan Batok Kelapa: Gantungan Kunci

gantungan kunci

Source: kerajinanunikindonesia.blogspot.com

Gantungan kunci berbahan dasar batok kelapa ini sudah cukup beredar di pasaran. Kamu bisa menemukan kerajinan batok kelapa ini dengan mudah ditempat-tempat rekreasi atau wisata.

Bentuk serta desain gantungan kunci ini beragam. Mulai dari tokoh kartun, tulisan-tulisan, serta bentuk lucu lainnya.

Sangat cocok bila ingin dijadikan sebagai hadiah untuk sahabat ata teman dekat kalian.

Bahan, alat dan cara membuatnya tidak begitu sulit lho. Kalian cukup menyiapkan amplas, pisau, cat warna atau pernis, bor tangan kecil dan tentunya gantungan besi. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

  1. Pertama-tama buatlah dengan menggambar pola dipermukaan batok kelapa kering sesuai dengan kreasi yang kalian mau.
  2. Kedua potong sesuai dengan pola yang sudah dibentuk tadi tersebut menggunakan pisau. Lalu bor pada bagian ujung pola sebagai tempat memasukkan gantungan besi tadi. Haluskan kembali dengan amplas.
  3. Langkah selanjutnya agar gantungan anda terlihat menarik tambahkan cat warna dan pernis. Maka jadilah gantungan kunci yang unik dan menarik.

Bagaimana? kerenkan olahan kerajinan batok kelapanya. Selain itu kegiatan ini juga membantu proses pendauran ulang sampah, kita juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari ini.

Show Comments

No Responses Yet

Tinggalkan Pesan

%d blogger menyukai ini: