9 Ide Kreatif Kerajinan dari Kayu yang dapat Menambah Penghasilan!

Sudah ada sejak dari dulu di Indonesia kerajinan dari kayu ditekuni dan menjadi salah satu kekayaan seni kriya yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Dari berbagai daerah mempunyai kerajinan dari kayu yang berbeda dengan satu sama lain.

Seperti misalnya dari Bali, Kalimantan, Papua, Jawa tengah, dan Sulawesi. Sehingga keragaman budaya Indonesia semakin bertambah. Kayu yang digunakan untuk kerajinan ini bukanlah sembarang kayu, kayu yang digunakan adalah kayu-kayu pilihan.

Berikut contoh kayu yang dapat diolah menjadi kerajinan tangan antara lain :

Kayu Jati

kayu jati

Source: mebelkayujatiblora.wordpress.com

Kayu jati ini merupakan bahan yang paling kuat diantara pilihan-pilihan lainnya. Sehingga harga dari kayu jati ini yaitu cukup mahal karena paling awet diantara jenis kayu lainnya.

Kayu jati ini memiliki karakteristik daya retak rendah, corak warna coklat muda yang kehijauan, berserat lurus dan bertekstur kasar.

Kayu ini sangat cocok dijadikan salah satu bahan kerajinan dari kayu terutama kerajinan yang menggunakan teknik ukiran.

Kayu Mahoni

kayu mahoni

Source: karyafurniturejepara.com

Bahan kerajinan kayu ini bisa didapat dari daerah yang bermusim kering maupun basah ini sering dipakai untuk pembuatan alat musik, alat olahraga, mebel, dan keperluan bangunan lainnya.

Kayu ini memiliki kualitas yang bagus dengan tingkat ketahanan dan keawetan yang cukup baik, namun kekurangan dari kayu ini adalah tidak tahan terhadap rayap.

Kayu Pinus

kayu pinus

Source: bahanpengawet.com

Kayu ini memiliki urat yang menyerupai kayu jati. Kayu pinus sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai macam kerajinan tangan.

Karena harga kayu yang dimiliki ini murah, kayu ini dijadikan sebagai bahan alternatif pengganti kayu jati.

Kayu Akasia

kayu akasia

Source: jualkayuakasiamurah.blogspot.com

Jika dilihat dari penampilan dan bentuknya mungkin akan sulit untuk membedakan kayu akasia ini dengan kayu jati.

Namun kayu ini tahan terhadap jamur, rayap, dan memiliki bobot yang keras dan berat.

Warna coklat dan serat yang khas, kayu akasia ini tergolong kedalam jenis kayu yang mudah untuk diolah menjadi berbagai macam kerajinan.

Kayu Sonokeling

kayu sonokeling

Source: blogmhariyanto.blogspot.com

Kayu ini memiliki harga yang sama seperti kayu jati yaitu harga yang cukup mahal.

Corak dan urat yang dimiliki kayu ini sangat indah dapat membuat kerajinan tangan yang dari berbahan kayu menjadi mewah.

Yang lebih menarik lagi adalah warna dari kayu ini tidak biasa, hitam keunguan.

Kayu Trembesi

kayu trembesi

Source: waterbasedpaintcoating.com

Kayu yang biasa dijadikan untuk membuat meja ini dapat dengan mudah ditemui dimana-mana karena bisa tumbuh dalam kondisi apapun di iklim tropis.

Kayu yang memiliki warna putih diluar dan coklat ditengah ini mempunyai harga yang lebih murah dari kayu jati dan cocok untuk dijadikan sebagai salah satu bahan kerajinan tangan.

Kerajinan dari kayu adalah kerajinan tangan yang berbahan alami. Kerajinan dari kayu saat ini banyak sekali menjadikan penghasilan bagi pembuatnya karena banyak peminatnya.

Berikut ini saya akan memberikan contoh kerajinan dari kayu yang cukup populer dan diincar saat ini.

   Baca Juga: 6 Kerajinan batok kelapa  yang keren dan unik!

1. Jam Tangan

jam tangan kayu

Source: sooperboy.com

Jam tangan dari kayu? mungkin sekian banyaknya orang masih ada yang belum mengetahui adanya produk tersebut.

Eh ternyata salah satu kerajinan dari kayu ini banyak peminatnya karena bentuknya yang unik dan tidak seperti biasanya.

Jam tangan dari kayu ini mulai ngeTrend pada tahun 2016 yang lalu ketika mulai muncul berbagai macam barang sulit untuk dibuat.

Salah satu keunikan kayu yang digunakan untuk membuat jam ini adalah corak kayu yang khas.

2. Gelang

gelang kayu

Source: inacraftaward.com

Gelang dari bahan kayu merupakan macam-macam kerajinan tangan yang cukup populer dizaman ini.

Selain memanfaatkan corak kayu yang unik, gelang kayu ini ditambahkan lagi keunikannya yaitu berupa ukiran.

Gelang kayu ini dapat membuat sentuhan etnik dan sedikit tradisional apabila dikenakan, serta dapat menambah gaya fashion tertentu.

3. Kacamata

kacamata kayu

Source: WordPress.com

Selain gelang, kacamata yang terbuat dari kayu merupakan salah satu barang yang unik dan jarang sekali orang memakai kacamata yang seperti ini.

Bahkan kacamata kayu ini lebih dulu muncul dibandingkan dengan jam tangan kayu.

Bapak Ridwan Kamil pernah memakai kacamata dari kayu ini yang merupakan produk asli anak muda Bandung.

Sebenarnya kacamata dari bahan kayu ini sudah ada sejak lama dan banyak diminati bahkan sampai diekspor ke beberapa negara Asi, Eropa, dan Amerika.

4. Speaker

speaker kayu

Source: olx.co.id

Tak kalah uniknya dari contoh barang kerajinan tangan lainnya yaitu speaker atau juga radio dari kayu. Karena unik dan originalitasnya, speaker atau radio ini sudah banyak diekspor keluar Indonesia.

Selain dari bentuknya yang khas, speaker kayu ini sering juga ditambahkan beberapa komponen hemat energi bahwa speaker merupakan produk yang ramah terhadap lingkungan.

5. Aksesoris

aksesoris kayu

Source: oknusantara.com

Selain speaker banyak juga karya-karya kreatif yang bermunculan dari kerajinan dari kayu yang dibentuk menjadi berbagai macan aksesoris unik.

Kayu dapat dijadikan berbagai macam kerajinan seperti bros dari kayu, anting dari kayu, kalung dari kayu, dan berbagai macam aksesoris lainnya.

6. Casing Smartphone

casing smartphone kayu

Source: bukalapak.com

Kamu bisa membuat bisnis dengan cara merubah kayu menjadi casing HP, karena jarang sekali dijumpai casing HP yang unik seperti ini.

Casing HP yang berbahan kayu tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pelindung yang efektif, namun juga dapat menarik perhatian orang karena sangat unik.

Tidak cuman itu, kelebihan lain dari casing HP ini adalah bisa dibuatkan ukiran yang ukiran itu akan memberikan tambahan nilai seni.

7. Tempat Makan

tempat makan kayu

source: itjeher.com

Mungkin selama ini anda hanya menjumpai tempat makan yang berbahan dasar plastik dan keramik. Tapi tahukah anda? bahwa tempat makan bukan berbahan dasar itu saja, tetapi dari kayu juga bisa.

Kayu bisa dijadikan untuk membuat piring, mangkok, sendok, garpu dan juga pisau, dan juga tempat makan ini aman untuk anda gunakan.

Karena tempat makan dari kayu ini sudah menggunakan finifshing yang memiliki standar foodgrade.

8. Dompet

dompet kayu

Source: qlapa.com

Apakah hari ini anda masih memakai dompet yang berbahan kanvas atau kulit? sebaiknya anda harus mengganti dompet tersebut dengan dompet yang dari kayu.

Kenapa demikian, karena pada saat orang-orang menggunakan dompet seperti pada umumnya , maka dompet kayu ini akan memberikan tampilan yang unik dan fresh.

Sehingga ketika anda menggunakan dompet tersebut maka akan terlihat tampil berbeda.

Cukup sekian dulu pembahasan tentang kerajinan dari kayu. Hanya itu ide kerajinan yang bisa kami bagikan kepada kalian semua. Terimakasih telah berkunjung dan membaca semoga artikel ini bisa memberikan anda inspirasi dalam berkarya.

Show Comments

2 Comments

  1. Rodiah

Tinggalkan Pesan

%d blogger menyukai ini: