15+ Makanan Khas Betawi dan Minumannya yang Masih Nge-top Sampai Sekarang!

Betawi adalah suku yang berada di daerah pulau Jawa, dan suku ini memiliki buda lokal yang melegenda. Bagi orang yang tinggalnya di daerah Jakarta dan sekitarnya pasti tidak asing dengan makanan khas Betawi ini, mulai dari adat sampai ke pakaiannya.

Dan sekarang saya akan menjelaskan tentang makanan khas Betawi yang masih banyak diminati orang-orang dan penjelasannya, berikut ulasannya :

Baca Juga Nih : 15 Oleh-Oleh Khas dari Indonesia yang Paling Terpopeler!

Gado-Gado

gado-gado

Source: satujam.com

Makanan khas betawi ini mirip dengan salad milik orang barat, yaitu gado-gado. Isi dari gado-gado ini tdak jauh beda dengan gado-gado yang ada di jogja. Gado-gado adalah makanan yang sehat dan mengenyangkan.

Asinan Betawi

asinan betawi

Source: asinan-betawi-alif.business.site

Makanan khas yang satu ini berisi penuh dengan sayuran yang disajikan dengan kacang goreng, bumbu kacang, cuku, cabai, dan juga kerupuk. Isian asinan inilah yang membedakan dengan asinan lain yang ada di Jawa Barat.

Kue Rangi

kue rangi

Source: sukita.info

Bahan dasar dari kue ini adalah beras putih yang ditumbuk sampai halus. Adonan beras tersebut dipanggang di atas cetakan berbentuk lingkaran dengan menggunakan api kecil.

Setelah matang kue rangi ini disajikan dengan menggunakan topping gula merah pekat.

Kue Talam

kue talam

Source: youtube.com

Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dengan gula lalu dikukus, kue talam dibuat kecil sesuai dengan ukuran dan cetakannya. Sehinga untuk mudah dimakan.

Kue Cincin

kue cincin

Source: life-style.cepamagz.com

Makanan khas Betawi ini berbentuk seperti cincin dan cocok untuk dijadikan cemilan. Kue cincin ini terbuat dari gula merah yang dicampur dengan sagu. Rasa kue cincin ini manis dan gurih.

Kue Geplak

kue geplak

Source: bukalapak.com

Kue ini sekarang sudah sulit ditemukan atau langka, tetapi di daerah Bintaro masih ada beberapa toko yang menjual kue geplak ini.

Rasa yang dimiliki oleh kue ini ialah manis dan teksturnya yang lembut terbuat dari beras dengan dominasi warna putih dan coklat.

Semur Jengkol

semur jengkol

Source: wanitaindonesia.co.id

Semur jengkol ini makanan khas Betawi yang berbahan dasar jengkol dan memiliki bau khas, hampir semua orang betawi menyajikan semur jengkol ini.

Rasanya yang begitu lezat berbanding terbalik dengan baunya yang tidak sedap di hidung saat dimakan.

Es Doger

es doger

Source: review.bukalapak.com

Es doger memiliki citra rasa yang banyak varian tambahan rasa sepertiĀ tape, ketan hitam, sagu mutiara, dan juga roti.

Es Kolang-Kaling

es kolang-kaling

Source: resepgulaku.com

Minuman khas Betawi yang satu ini berbahan dasar dari kolang-kaling yang sering dipakai untuk asinan. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat anda untuk nambah lagi, es ini cocok untuk diminum di siang hari sambil bersantai.

Bir Pletok

bir pletok

Source: pegipegi.com

Bir khas Betawi ini yang satu ini ga pakai alkohol lho. Bir pletok yaitu minuman yang dibuat di dalam bambu dan dicampur dengan es lalu diaduk sehingga menimbulkan suara “pletok” “pletok”.

Rasanya yang manis dan sedikit pedas sehingga minuman persis seperti beer, dan terciptalah bir khas Betawi yaitu bir pletok.

Es Goyang

es goyang

Source: kulinerjadul.wordpress.com

Sebenarnya ini bukan es krim melainkan makanan dan minuman yang dicampur, es khas Betawi ini pernah ngetop pada tahun 90-an.

Es goyang adalah es biasa yang dicampur dengan santan, perasa, gula pasir, dan juga tepung hunkwe dengan macam-macam rasa.

Kerak Telor

kerak telor

Source: masakapahariini.com

Semua orang pasti tahu sama makanan khas Betawi yang satu ini, makanan ini selalu hadir disetiap festival ini favorit warga lokal. Saya akan memberi resep makanan khas ini yaitu kerak telor.

Langkah pertama adukan dulu satu butir telur bebek, masukkan setengah sendok teh bumbu halus, setengah sendok teh ebi, seperdelapan sendok teh garam, setengah sendok makan bawang goreng, dan seperdelapan sendok teh gula pasir.

Kemudian siramkan ke atas ketan yang sudah direndam dengan air semalaman. Adukkan dan ratakan di penggorengan, tunggu hingga benar-benar matang. Dan jadilah kerak telor khas Betawi.

Soto Betawi

soto betawi

Source: unileverfoodsolutions.co.id

Makanan khas Betawi yang satu ini terkenal dengan sebutan sobet, makanan ini diolah menggunakan daging sapi, kentang dan tomat yang disiram dengan kuah santan.

Makanan khas Betawi ini sudah melegendaris dan mampu bertahan di era modernisasi.

Nasi Ulam

nasi ulam

Source: primarasa.co.id

Nasi ulam makanan khas Betawi yang menggunakan nasi pera yang disiram dengan semur bisa dengan kentang, tahu, maupun telur dan ditambahkan dengan cumi asin goreng, perkedel kentang, bihun goreng dan juga telur dadar iris.

Dan tambahan pelengkap makanan ini ialah bawang goreng, sambal, dan kemangi serta sedikit taburan kacang tanah yang sudah ditumbuk agar lebih sedap.

Nasi Uduk

nasi uduk

Source: muslimobsession.com

Nasi uduk ini adalah makanan pokok khas Betawi yang memiliki rasa yang lezat dan gurih. Sajian nasi uduk ini biasanya dengan telur dadar yang diiris kecil ataupun semur jengkol, bisa juga ditambahkan lagi dengan lauk berupa ayam goreng, kentang balado, sambal kacang, dan juga empak goreng.

Dodol Betawi

dodol betawi

Source: romlah.com

Dodol khas Betawi mempunyai varian rasa yang lebih sedikit dibandingkan dengan dodol lainnya, makanan yang kecil ini berwarna hitam kecoklatan.

Varian rasa yang ada di dodol Betawi ini hanya terdiri dari rasa ketan hitam, ketan putih, dan durian. Bahan dasar dari dodol ini adalah ketan, gula pasir, gula merah, serta santan yang dimasak menggunakan api kayu bakar.

Kue Cucur

kue cucur

Source: notepam.com

Kue cucur adalah salah satu jajanan khas Betawi yang dihidangkan sebagai dessert, makanan ini mempunyai tekstur yag tebal dibagian tengah dan tipis dibagian sisi.

Nama cucur diambil dari cara pembuatannya yaitu dengan cara meneteskan adonan ke atas loyang seperti air yang mengucur, dan jadilah namanya kue cucur.

Kue Pancong

kue pukis

Source: resepasia.com

Makanan ini adalah kembaran dari kue rangi yang disajikan dengan taburan gula putih di atasnya. Sedikit berbeda dengan kue rangi, kue rangi menggunakanĀ  siraman gula merah cair.

Putu Mayang

putu mayang

Source: resepasia.com

DI tempo dulu putu mayang merupakan makanan tradisional dari masyarakat Betawi asli. Bahan dasar kue putu mayang ini yaitu tepungberas atau tepung kanji yang dimasak dengan tambahan santan dan gula merah.

Cara penyajiannya adalah dengan menyiram gula merah dan santan atau ditaburkan dengan kelapa pada gula putu mayang yang siap disantap.

Kue Cente Manis

kue cente manis

Source: deskgram.net

Kue cente manis adalah cemilan khas dari Betawi, pembuatan kue ini dengan cara dikukus berbahan dasar dari tepung hunkwe, gula, santan kelapa, dan bulir sagu mutiara matang.

Semua bahan tadi yang disebut dicampurkan dan dibungkus menjadi satu menggunakan plastik untuk dikukus sebelum dihidangkan.

Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Pesan

%d blogger menyukai ini: