Pengertian Renang, Manfaat Renang, dan Resiko Renang

Siapa sih tidak suka dengan bermain air, sudah pasti anda menyukainya kan. Renang merupakan salah satu olahraga air yang cukup menyenangkan dan banyak diminati orang-orang. Sekarang saya akan mengulas lebih dalam mengenai pengertian renang yang cukup lengkap.

Olahraga renang sering diperlombakan baik pada tingkat daerah, nasional bahkan sampai ke internasional. Renang dapat membuat tubuh kita sehat karena hampir semua otot pada tubuh kita dipakai sewaktu berenang. Mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Renang

Pengertian Renang

Source: lesrenangbandung.com

Renang adalah suatu pergerakan anggota tubuh yang dilakukan didalam air. Contohnya seperti ikan, kebanyakan ikan yang berada di sungai, laut, danau dan lain sebagainya. Ikan tersebut menggerakkan tubuh bagian pentingnya agar dapat berenang secara bebas di dalam air.

Pada umumnya hewan berenang memiliki tujuannya masing-masing seperti hewan-hewan lainnya. Sama seperti manusia dan hewan yang berada di daratan, memiliki tujuan dalam menjalani kehidupannya. Tujuannya itu seperti mencari makan, berpindah tempat ke tempat lainnya.

Renang pada kehidupan manusia merupakan sarana yang dipakai untuk memberikan kesengan pada diri sendiri. Manusia menggunakannya sebagai sarana rekreasi, olahraga, mencari ikan dan lain sebagainya.

Kebanyakan manusia melakukan gerakan renang pada tujuan rekreasi, mereka menggunakan kolam renang besar untuk berenang. Tidak hanya di kolam saja, ada juga yang melakukannya di laut, di danau, di sungai, dan tempat lainnya yang terdapat genangan air di daerah tersebut.

Olahraga Renang

Olahraga Renang

Source: reps-id.com

Renang merupakan salah satu cabang olahraga aquatik. Olahraga renang sering dilombakan dalam memgadu kecepatan seorang atlit dalam berenang. Dan ada juga yang dinyatakan menang jikalalu ia melompat ke dalam kolam dengan cara melakukan lompatan yang indah.

Peraturan permainan renang juga sama seperti olahraga lainnya, seperti adanya sebuah babak penyisihan, babak semifinal, babak final dan sejenisnya. Dan yang dilombakannya juga bermacam-macam, seperti lomba gaya renang bebas, gaya dada, gaya punggung, dan juga gaya kupu-kupu.

Renang adalah olahraga yang paling simple dari seluruh cabang olahraga lainnya. Karena di dalam olahraga renang, para pemain tidak perlu terlalu banyak dalam menggunakan peralatan. Seluruh anggota tubuh sangat diperlukan dalam melakukan olahraga ini.

Anggota tubuh yang paling sering digunakan dalam renang adalah tangan dan kaki. Akan tetapi tangan dan kaki bukanlah hal yang dipentingkan, karena ada juga beberapa orang tidak mempunyai tangan maupun kaki tetapi bisa melakukannya.

Semua itu butuh usaha serta keseriusannya dalam melakukan hal tersebut. Dan satu-satunya cara supaya bisa cepat dan mahir ialah kursus kepada orang yang sudah ahli.

Olahraga renang tidak hanya melombakan kecepatan saja, ada juga lomba seperti renang indah, lompat indah, berenang diperairan terbuka, dan polo air.

Semua peraturan yang tertera mengikuti ketetapan dari badan lembaga/induk organisasi yang bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Di negara kita yaitu Indonesia nama induk organisasi tersebut adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Pengertian Renang dari Beberapa Sumber

Pengertian Renang dari Beberapa Sumber

Source: hellosehat.com

Pengertian renang memiliki sumber tersendiri, Misalnya sumber-sumber tersebut berasal dari Muhajir, Budiningsih, Abdoelah, dan Erlangga. Berikut beberapa penjelasan detail mengenai pengertian dari sumber-sumber tersebut :

  •  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Renang adalah gerakan badan, menyelam, melintas menggunakan tangan, kaki, ekor, sirip, menyelam.mengapung, dan sebagainya.

  • Menurut Erlangga (2010:75)

Renang menurut erlangga adalah suatu permainan yang menyenangkan serta dapat memberikan manfaat yang besar bagi tubuh manusia.

Manfaat tersebut berpengaruh ke keuatan otot tubuh, paru-paru, jantung, serta dapat memberikan atau membangkitkan rasa berani dalam diri seseorang.

  • Menurut Abdoelah (1981:270)

Renang menurut Abdoelah adalah suatu permainan yang dilakukannya di air. Tidak memikirkan air apa saja yang digunakan, walupun itu air tawar maupun air laut. Pada intinya adalah olahraga ini hanya dilakukan jika adanya air.

  • Menurut Budiningsih (2010:2)

Renang menurut Budiningsih adalah sebuah olahraga yang di bantu dengan air. Permainan ini juga termasuk dalam olahraga air yang dimana seluruh anggota tubuh bergerak di dalam air.

Pada umumnya olahraga ini menggunakan kaki dan tangan, Sehingga badan menjadi seimbang dan dapat mengapung di atas permukaan air.

  • Menurut Muhajir (2004:166)

Renang menurut Muhajir adalah suatu olahraga yang dapat banyak memberikan kesehatan bagi kesehatan tubuh. Karena hampir seluruh tubuh kita bergerak ketika sedang melakukan olahraga tersebut.

Dan juga pada setiap anggota tubuh berkembang dengan cepat sehingga dapat memberikan peningkatan kekuatan berenang dengan cepat.

  • Menurut Badruzaman (2007:13)

Secara Umum : the floatation of an object in a liquid due to its buoyancy or lift“. yang lebih kurang lebih maknanya adalah “upaya mengapungkan atau mengangkat tubuh ke atas permukaan air”

Secara Rinci : “Swimming is the method by which humans (or other animals) movethemselves through water.” yang memiliki arti “suatu cara dilakukan orang atau binatang untuk menggerakan tubuhnya di air”

  • Menurut Kasiyo Dwijowinto (1979:1)

Renang menurut Kasiyo Dwijowinto adalah suatu cabang olahrag yang dapat diajarkan kepada kalangan seluruh usia manusia.

Mulai dari anak-anak maupun orang dewasa dan juga bayi yang memiliki umur sekitar beberapa bulan juga bisa diajarkan untuk berenang.

Teknik Dasar Renang [LENGKAP]

 Manfaat Renang untuk Kesehatan

 Manfaat Renang untuk Kesehatan

Source: olahraga.biz.id

Mengetahui manfaat bahwa berenang bagi kesehatan tubuh itu sangat perlu karena anda dapat mengetahui efek positifnya. Berenang sangat populer sebagai tempat rekreasi bersama keluarga, saudara, maupun teman.

Manfaat olahraga bagi kesehatan sudah tentu bukan saja tidak hanya berenang. Akan tetapi tubuh anda butuh makanan-makanan yang bergizi. Dengan begitu, anda dapat menyeimbangkan antara keduanya.

1. Meredakan Stress

Gerakan yang anda hasilkan saat di dalam air akan mengakibatkan hormon endorfin dalam otak anda semakin meningkat. Hal tersebut dapat membuat suasana hati anda menjadi tenang dan meredarakan tingkat stress anda.

Walaupun tubuh anda hanya bersentuhan dengan air, hal itu sedikit memberikan kesejukan untuk tubuh kalian.

2. Meredakan Radang Sendi

Beranang dapat memberikan kekuatan pada tulang punggung anda sehingga akan semakin kuat dan kencang. Dan juga dapat mengurangi serangan pada tulang belakang anda. Postur akan terlihat semakin membaik jika anda melakukannya secara konstan.

3. Meningkatkan Kebugaran

Dalam suatu olahraga sudah sangat jika anda ingin tubuh anda bugar selalu di setiap harinya. Salah satunya yaitu olahraga renang yang dapat memberikan efek pada kebugaran tubuh anda.

Jika anda melakukan gerakan renang selama 20 menit dan konstan, hal tersebut akan membantu merangsang metabolisme dan membakar lemak pada tubuh anda. Karena gerakan renang merupakan gerakan senam aerobik di dalam air.

4. Menambah Tinggi Badan

Berenang adalah kegiatan yang paling efektif jika anda ingin menambah tinggi badan anda. Penelitian sudah menentukan bahwa berenang paling bagus dalam meningkatkan tinggi badan anda.

5. Membakar kalori

Berenang juga bisa membakar kalori pada tubuh anda sehingga badan anda menjadi lebih ideal, seperti olahraga yang lainnya. Tetapi sudah tentu olahraga renanglah yang sangat digemari sehingga anda tidak perlu sampai mandi keringat.

6. Meningkatkan Kemampuan Fungsi Jantung dan Paru-paru

Olahraga renang dapat memberikan efek positif pada jantung dan paru-paru anda. Efek pada jantung akan memberikan kesehatan dan paru-paru akan meningkatkan sistem pernafasan yang lebih kuat.

7. Melatih Pernafasan

Seperti pada pembahasan yang di atas bahw berenang dapat melatih pernafasan pada paru-paru anda. Olahraga ini membutuhkan nafas yang kuat agar bisa menyelam lebih dalam dan lebih lama.

Pada kegiatan ini sistem pernafasan anda akan terlatih dikit demi sedikit sehingga nafas anda akan semakin panjang. Hal ini juga sangat berpengaruh pada aliran jantung, paru-paru, dan pembuluh darah menjadi lebih lancar dari sebelumnya.

Resiko Renang

Ada beberapa resiko yang akan ada nanti setelah berenang di kolam renang umum, diantaranya adalah :

  • Infeksi Jamur Kaki

Infeksi Jamur Kaki

Source: Netralnews.com

  • Influenza

Influenza

Source: travelhealthpro.org.uk

  • Infeksi Telinga dan Kulit

Infeksi Telinga dan Kulit

Source: hellosehat.com

  • Infeksi Mata

Infeksi Mata

Source: hellosehat.com

  • Diare dan Infeksi Cacing

Diare dan Infeksi Cacing

Source: hellosehat.com

Oke, terima kasih anda telah berkunjung. Jika ada kekurangan maupun kesalahan yang terjadi pada penulisan kami. Anda dapat memberikan saran anda pada kolom komentar dibawah ini. Sekali lagi kami ucapkan TERIMA KASIH.

Show Comments

No Responses Yet

Tinggalkan Pesan

%d blogger menyukai ini: