Pengertian dan Sejarah Batik di Indonesia + Cara Membuat Batik

Batik adalah kain yang digambar, yang pembuatannya dengan cara menuliskan atau menerakan Malam (suatu zat padat yang diproduksi secara alami). Dalam istilah orang-orang menamakannya Lilin (kandil). Di sini saya akan menjelaskan sejarah batik, selamat membaca.

Batik berasal dari dua kata gabungan bahasa Jawa yaitu Ambhatik. Dari kata “amba”, yang maknanya “menulis”, dan “titik” yang maknanya titik atau “matik” (kata kerja dalam bahasa Jawa berarti membuat titik) dan kemudian jadilah istilah Batik.

Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah dijadikan budaya di indonesia (khususnya jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan jawa di masa lampau menjadikan seni keterampilan membatik sebagai mata pencaharian.

Sejarah Batik di Indonesia

Hasil gambar untuk sejarah batik di indonesia

sumber: klikmania.net

Sejarah batik Indonesia berawal dari peninggalan nenek moyang yang berada di daerah Jawa, batik ini telah disahkan oleh UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa).

Pengakuan ini dilaksanakan secara resmi pada sidang UNESCO di Abu Dhabi. Dan kini Setiap tanggal 2 Oktober 2009 , telah dikenal sebagai Hari batik Nasional, yang mana bentuk sebuah ungkapan rasa syukur.

Awal sejarah batik adalah bermula pada abad ke-17 Masehi. Pada waktu itu batik masih ditulis dan dilukis pada daun lotar dan papan rumah adat, motif pada batik itu juga masih belum berfariasi.

Saat itu membuat batik juga hanya untuk kesenangan pengrajin sendiri.

Teknik/Cara Pembuatan Batik

Hasil gambar untuk teknik cara membuat batik

sumber: jualkainbatiktulisabstrak.wordpress.com

Ada 6 Teknik/Cara Membuat Batik:

  • Batik tulis adalah salah satu teknik/cara produksi batik yang pembuatan motifnya langsung ditulis secara manual. Alat untuk menulisnya yaitu Canting, yang terbuat dari tembaga yang gagangnya terbuat dari bambu. Ujung dari canting biasanya disebut cucuk.

 

  • Batik cap merupakan kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga) proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 Hari.

 

  • Batik lukis ialah proses pembuatan batik dengan cara melukis langsung pada kain putih, batik lukis di Indonesia banyak menarik perhatian wisatawan mancanegara dan warga masyarakat kita

 

  • Batik jumputan yaitu batik yang dikerjakan dengan cara ikat celup, diikat menggunakan tali dan dicelupkan ke warna. Batik ini tidak menggunakan lilin malam, tetapi  kainnya diikat dan dikerut dengan menggunakan tali.

 

  • Batik sablon/printing salah satu jenis hasil proses produksi batik yang teknik pembuatannya melalui proses sablon manual (seperti pembuatan kaos), atau printing mesin pabrik.

 

  • Batik colet adalah, sebuah kain yang sudah didesain motifnya, kemudian di bentangkan pada sebuah plangkan yang dibuat ukuran khusus, lebar dan panjang sesuai dengan ukuran kain.

Jenis-Jenis Batik di Indonesia

Hasil gambar untuk jenis jenis batik

sumber: mikirbae.com

1. Batik Jlamprang

Hasil gambar untuk batik jlamprang pekalongan

sumber: duniabelajaranak.id

Batik Jlamprang adalah batik hasil dari kreasi masyarakat Kota Pekalongan sebagai pewaris budaya dengan mengetengahkan ragam hias ceplokan dalam bentuk lung-lungan dan bunga padma yang di tengahnya.

2. Batik Sukapura

Hasil gambar untuk batik sukapura

sumber: pinterest.com

Batik Sukapura berasal dari kota Tasikmalaya, kota Tasikmalaya adalah Kabupaten di propinsi Jawa Barat yang saat ini memiliki julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur.

Batik Tasikmalaya memiliki tiga jenis motif yang populer, yaitu batik Sukapura, batik Sawoan, dan batik Tasik.

  3. Batik Gentongan

Hasil gambar untuk batik gentong madura

sumber: tokopedia.com

Keunikan Batik Madura yang tidak ada di daerah lain adalah batik Gentongan, keunikannya adalah batik ini proses pembuatannya menggunakan Gentong sebagai alat untuk merendam kain.

Batik Gentongan ini memiliki cira khas, ciri khasnya adalah memiliki warna yang berani (colour full).

4. Batik Mega Mendung

Hasil gambar untuk batik mega mendung

sumber: abdeko.ning.com

Motif batik Mega Mendung merupakan karya seni yang berasal dari Cirebon, dan bahkan menjadi ikon batik daerah Cirebon dan daerah Indonesia.

Motif Mega Mendung sebagai motif dasar batik yang sudah dikenal luas sampai ke manca Negara.

Nah bagi anda yang ingin membuat batik sendiri di rumah, berikut ini saya akan memberikan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat batik.

Bahan-Bahan Membuat Batik

Hasil gambar untuk bahan bahan membuat batik

sumber: g-excess.com

  • Kain mori, bisa juga menggunakan kain sutra/kain katun.
  • Canting (alat pembentuk motif batik).
  • Gawangan(tempat untuk mamaprkan kain batik).
  • Lilin (malam) yang dicairkan, secukupnya saja.
  • Panci dan kompor kecil (untuk memanaskan malam).
  • Larutan pewarna sesuai dengan selera masing-masing.

Berikutnya saya akan memberikan langkah-langkah membuat batik yang mudah.

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN BATIK

1. Langkah Pertama Pembuatan Batik

Hasil gambar untuk membuat motif batik

sumber: youtube.com

Langkah pertama kita adalah membuat motif batik terlebih dahulu atau sering disebut molani. yang pertama kita lakukan adalah membuat desain batik itu sendiri.

Desain batik ini dapat mengikuti tren yang sedang booming atau bisa juga membuat berdasarkan motif daerah atau sesuai dengan kreasi anda sendiri.

2. Langkah kedua Pembuatan Batik

Hasil gambar untuk membuat motif batik

sumber: masbidin.net

Setelah membuat pola atau langkah kedua yaitu melukis pola. Melukis pola disini ialah untuk mengulangi motif yang telah di desain tadi menggunakan lilin malam yang sudah di cairkan menggunkan canting.

3. Langkah Ketiga Pembuatan Batik

Hasil gambar untuk membuat motif batik

sumber: Fitinline.com

Langkah selanjutnya adalah menutupi bagian yang putih pada kain (bagian yang tidak kena pola/desain) dengan lilin malam.

Untuk menutupi bagian yang sempi/kecil bisa menggunakan canting sedangkan bagian yang luas dapat menggunakan kuas. Tujuannya ialah untuk melindungi bagian yang dilapisi lilin ketika kain dicelupkan pada larutan pewarna.

4. Langkah Keempat Pembuaatan Batik

Hasil gambar untuk proses pewarnaan pertama batik

sumber: yogyakarta.panduanwisata.id

Selanjutnya proses pewarnaan yang pertama. Setelah bagian kain yang tidak boleh terkena warna dilapisi lilin maka kain dicelupkan pada warna tertentu.

Kemudian kain dikeringkan atau di jemur, Tujuannya dari langkah ke empat ini untuk memberikan warna pada bagian yang tidak tertutup lilin.

5. Langkah Kelima Pembuatan Batik

Hasil gambar untuk proses pewarnaan pertama batik

sumber: bayuwinata.wordpress.com

Setelah kain kering, selanjutnya adalah melukis bagian yang sudah ada warnanya menggunakan canting. Tujuan hal ini untuk mempertahankan pewarnaan pada tahap pertama.

Setelah proses lukis ulang selesai, kemudian kain dicelupkan lagi untuk proses pewarnaan yang kedua.

6. Langkah Keenam Pembuatan Batik

Hasil gambar untuk membersihkan lilin pada batik

sumber: batikghani.blogspot.com

Proses pewarnaannya selesai, saatnya untuk membersihkan lilin yang masih nempel pada kain. Caranya adalah dengan meletakkan kain diatas tungku yang sudah ada air panasnya.

7. Langkah Ketujuh Pembuatan Batik

sumber: masbidin.net

Setelah lilin yang menempel pada kain sudah bersih, langkah selanjutnya ialah melakukan proses pembatikan lagi. Proses ini dilakukan dengan cara membuka/menutup lilin malam supaya warna pertama dan kedua tidak terkontaminasi.

Proses membuka/menutup lilin malam menyesuaikan banyaknya warna yang ada pada motif atau sesuai keinginan.

8. Langkah Kedelapan Pembuatan Batik

Langkah yang terakhir pada proses pembuatan motif batik adalah nglorot. Apa itu nglorot? Nglorot yaitu merebus kain yang warnanya telah berubah dengan menggunakan air yang panas.

Tujuan langkah ini adalah agar lapisan lilin malam yang masih menempel benar-benar hilang. Sehingga motif batik yang telah dibuat terlihat jelas.

Setelah semua prosesnya telah selesai dilakukan dengan runtut maka kain batik sudah siap untuk digunakan sendiri atau juga dipasarkan. Oh iya, jangan lupa sebelum kain batik siap dikonsumsi, dicuci dan dijemur dulu yaa.

 

Itulah langkah-langkah cara membuat batik mudah dan praktis yang dapat kami sajikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, Salam.

Show Comments

No Responses Yet

Tinggalkan Pesan