Teknik Dasar Bola Voli

Hallo penggemar, kali ini saya akan membahas tentang beberapa teknik dasar bola voli. Permainan bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang masih populer hingga saat ini di seluruh dunia.

Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pun gemar melakukan olahraga bola voli ini. Cabang olahraga ini cukup mudah dilakukan, terutama bagi pemula.

Nah, jika kalian masih pemula dan ingin jago di olahraga bola voli ini, kalian semua harus menguasai teknik dasar bola voli dan cara melakukannya dengan benar. Semakin penasaran yah? Yuk langsung saja di simak review berikut ini!

Awal Mula Ditemukannya Olahraga Bola Voli

sejarah bola voli

yuksinau.id

Olahraga bola voli berada di bawah arahan Federasi Internationale de Volley (FIVB) yang merupakan organisasi induk voli Internasional. Di Indonesia sendiri, bola voli berada di bawah naungan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Sekarang sudah banyak klub-klub lokal yang memiliki kualitas bagus dan pemain berbakat-pemain muda berbakat.

Bola voli pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani (Direktur Pendidikan Phsycal) yaitu William G. Morgan pada 9 Februari 1895 di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat.

Pada awalnya olahraga ini bernama Mintonette , yang dikeluarkan oleh Morgan pada suatu organisasi yaitu Young Christian Christian Association (YMCA).

Pada awalnya Morgan bertemu dengan James Naismith (penemu olahraga bola basket), karena terinspirasi oleh James Naismith akhirnya Morgan menciptakan olahraga baru yang bernama Mintonette (Bola Voli), 4 tahun setelah digunakan sebagai bola basket.

Mintonette sendiri mengapdosi dan memindahkan beberapa olahraga seperti Baseball, Tenis, Bola Basket dan Bola tangan.

Perubahan Nama Menjadi Bola Voli

Perubahan Nama Menjadi Bola Voli

brainly.co.id

Mintonette pada awalnya diciptakan khusus untuk anggota YMCA yang telah menginjak usia dewasa, perubahan nama menjadi Bola Voli (Bola Voli) terjadi pada tahun 1896 yang diterbitkan pada pertandingan yang dikelola pada acara International YMCA Training School .

Pada acara Morgan menjelaskan permainan Voli dihadiri semua instruktur pendidikan jasmani, dengan membawa dua tim yang masing-masing tim terdiri dari lima orang.

Ia menjelaskan bahwa permainan ini bisa dimainkan di dalam maupun di luar ruangan Ia juga menjelaskan bahwa permainan ini bisa dimainkan banyak pemain.

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Di Indonesia sendiri, permainan Bola masuk pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1928. Namun saat ini permainan ini hanya dapat dimainkan oleh bangsawan dan orang-orang Belanda.

Untuk mengembangkan olahraga di Indonesia pada masa itu guru-guru pendidikan jasmani diterima dari Belanda.

Selain pendidikan jasmani, Bola Voli juga berkembang berkat para anggota tentara yang sering bermain Bola Voli di asrama dan di lapangan terbuka, mereka pun sering mengadakan pertandingan antar regu.

Perkembangan Olahraga Bola Voli di Indonesia sangat pesat. Banyaknya klub-klub yang bermunculan di kota-kota besar di Indonesia yang membuat persatuan Bola Voli seluruh Indonesia (PBVSI) pada tanggal 22 Januari 1955. Pada saat itu pula dilaksanakan pertandingan Bola Voli pertama kali diputar di Indonesia.

5 Teknik Dasar Bola Voli

Kalo kita mau main voli, harus ada net, untuk membatasi areaku dan areamu. Tapi kamu tenang saja, sesungguhnya cintaku padamu tidak ada batasnya.

Teknik servis memiliki empat macam, yaitu servis di bawah, servis mengapung atau penyewaan overhand, overhand sekitar layanan rumah dan layanan melompat.

1. Teknik Servis (Layanan)

Teknik Servis

perpustakaan.id

A. Teknik Servis Bawah

Layanan teknis bawah biasa dilakukakn oleh pemula karena mendorong ini adalah teknik yang paling mudah dan umum digunakan. Cara melakukan teknik servis bawah adalah sebagai berikut.

Pegang bola dengan tangan kiri sejajar dengan pinggang. Badan sedikit membungkuk. Ayunkan tangan kanan untuk memukul bolas dengan tangan mengepal.

B. Teknik Servis Mengapung

Teknik servis mengapung atau floating overhand service adalah teknik servis dimana bola yang melambung tidak terlihat terlihat mengapung atau diperoleh di udara. Cara melakukan teknik servis mengapung adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri menghadap lapangan.
  2. Posisikan kedua kaku sejajar dengan bahu.
  3. Lambungkan bola ke atas (lebih tinggi dari kepala).
  4. Pukul bola di bagian tengah belakang.

C. Overhand Around House Service

Layanan rumah overhand memiliki nama lain yaitu layanan hook. Servis ini cukup sulit untuk dilakukan, diperlukan ketepatan untuk dapat melepaskan bola agar bisa melewati jaring dan bola harus berputar agar tidak menjadi servis yang mendukung. Cara melakukan servis ini adalah sebagai berikut.

  1. Bola digenggam di depan badan dengan tangan kiri.
  2. Bola dilemparkan ke atas dan diberikan simpangan terjauh untuk tangan kanan dan lekukkan kaki kiri sendiri.
  3. Bola dipukul dengan ayunan melingkar dari tangan kanan saat ini sudah tepat dan jadikan kaki kiri sebagai tumpuan berat badan.

D. Layanan Jumping

Layanan Jumping merupakan teknik servis yang paling sulit dilakukan. Selain ketepatan saat melepaskan bola, pemain juga harus memiliki ketangkasan dalam servis untuk melakukakn servis. Cara melakukan teknik ini adalah sebagai berikut.

  1. Posisi badan berdiri agak jauh dari belakang lapangan.
  2. Bola dipegang menggunakan kedua tangan.
  3. Bola dilambungkan kira-kira 3 meter dari tanah.
  4. Badan direndahkan dan ditekuk lutut untuk bersiap melompat setinggi-tinggi.
  5. Bola dipukul seperti melakukan pukulan dengan menekuk berusaha membuat pukulan topspin.

2. Teknik Passing Bawah

Teknik Passing Bawah

plengdut.com

Cara melakukan Passing Bawah

Melewati bawah diperlukan gerakan yang baik dan harmonis agar hasil melewati lebih baik, jika tepat maka hasil akan terlihat sempurna sesuai target yang diinginkan.

Untuk mencapai semua itu, pemain voli harus bisa menguasai teknik ini. Ada 3 langkah dalam gerakan dasar ini yaitu persiapan, gerakan, dan akhir.

A. Tahap Persiapan

Tahap melakukan persiapan sebagai berikut:

  1. Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu dengan posisi tubuh berdiri.
  2. Posisi kedua lutut direndahkan hingga berat tumpuan tubuh diletakkan di ujung kaki bagian depan.
  3. Posisi kedua tangan diluruskan rapat di depan badan jadi posisi ibu jari sejajar.
  4. Arah Pandangan harus fokus terhadap bola yang datangnya.

B. Tahap Perkenaan Bola

Dalam permainan perkembang bola ini tidak kalah pentingnya jika salah perkenaan bolanya hasil pantulan tidak akan tepat pada sasaran. Berikut adalah tahapan-tahapan perkenaan bola:

  1. Posisi kedua tangan diayunkan ke Arah datang bersamaan dengan pinggul dan lutut naik dan tumit terangkat dari lantai.
  2. Usahakan pada saat menerima bola harus tepat berada di tengah badan.
  3. Perkenaan bola pada bagian bola tangan (proksimal).
  4. Perkenaan bola yang baik saat membentuk sudut 45 derajat.

C. Tahap Akhir Gerakan Lanjutan

Tahapan akhir dilakukan mengikuti gerak lanjut:

  1. Setelah mengambil langkah maju ke depan untuk mengambil posisi siap kembali.
  2. Saat melakukan ayunan lengan diusahakan tidak membentuk sudut melebihi 90 derajat.
  3. Melihat mata yang diambil.

Cara Melatih Gerakan Passing Bawah

Latihan tanpa menggunakan bola:

  • Lakukan gerakan melambungkan bola dengan sikap yang benar, posisi lengan dirapatkan dan diluruskan dilakukan sambil berjalan maju.
  • Melakukan gerakan dari sikap didik di lantai. Mengatur berpasangan atau berkelompok.
  • Melakukan gerakan sikap duduk di bangku panjang.

Latihan Menggunakan bola:

  • Melambungkan bola dan membiarkan bola jatuh pada lengan yang dirapatkan dan diluruskan dilakukan sambil berjalan maju.
  • Melakukan gerakan dari sikap duduk di lantai dan bola di lambungkan teman dilakukan berpasangan atau berkelompok.
  • Melakukan gerakan dari sikap duduk di bangku panjangn dan bola di lambungkan teman.
  • Melakukan gerakan melalui jaring atau tali yang dipasang melintang berpasangan atau berjajar ke belakang. Bola dilambungkan oleh tamn lanjut dengan melakukan passing langsung (bola tanpa dilambungkan teman kembali).
  • Bermain di lapangan kecil menggunakan teknik passing bawah permainan ini dilakukan dengan jumlah pemain tiga orang dalam setiap timnya.

3. Teknik Passing Atas

Teknik Passing Atas

yuksinau.id

  1. Ambil sikap siap yang biasa dilakukan dalam teknik dasar bola voli, yaitu kedua kaki dibuka hingga selebar bahu, kedua lutut agak ditekuk dan badan merendah atau agak dibungkukkan ke depan. Berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan.
  2. Saat bola datang, aktifkan mungkin tempatkan badan di bawah bola, dengan tangan diangkat, dan lengan agak ditekuk, dan telapak tangan terbuka lebar dengan jari-jari renggang dan bentuk seperti mangkuk. Kedua ibu jari dan telunjuk akan membentuk setengah lingkaran atau segitiga.
  3. Saat bola sudah tepat berada di atas dari badan, dengan kedua tangan ditekuk pada bagian siku atau tangan. Posisi tangan harus sedikit berada di atas dahi. Perkenaan bola yang bagus tentang jari-jari tangan. Saat bola membuka jari, jari-jari harus sedikit ditegangkan agar bola dapat memantul dengan baik, dan kemudian didorong dengan menggerakkan tangan yang kemudian dilanjutkan dengan gerakan meluruskan siku. Dalam mendoron bola jari yang paling dominan saat mendorong adalah jari ibu, jari telunjuk dan jari tengah.
  4. Dan pada gerakan mendorong akan diakhiri dengan tumit sedikit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik, kedua lengan lurus serta pandangan mengambil Arah gerakan bola. Gerakan-gerakan akhir seperti ini merupakan gerakan dasar (fundamental) dalam melakukan gerakan dorongan.

4. Teknik Smash

Teknik Smash

site.tupperware.co.id

  • Langkah awalan.
  • Tolakan untuk melompat
  • Memukul bola kompilasi melayang di udara.
  • Mendarat kembali setelah melepaskan bola.
  1. Langkah pertama diambil sekitar 1 hingga 3 langkah.
  2. Langkah-langkah yang diambilnya merupakan langkah lebar.
  3. Saat sudah mulai bersih, kemudian ayunkan kedua tangan ke belakang.
  4. Setelah itu, kedua kaki juga hentakkan bersusulan kemudian lompat.
  5. Lengan yang digunakan untuk memukul, ayunkanlah ke depan dan punggung menegang ke belakang.
  6. Lalu, pukulah bola dengan lengan yang terjulur dan tangan terbuka yang menaungi bola.
  7. Untuk membatalkan tangan itu harus selalu dibatalkan.

Di bawah ini akan dibahas lebih lanjut, bagaimana sih dalam meningkatkan kekuatan-dalam smash dipermainan bola voli dengan baik dan maksimal? Simak penjelasan berikut ini:

  • Untuk meningkatkan kekuatan menghancurkan yang pertama kali dilakukan yaitu dengan melatih kekuatan dan juga kekuatan bahu.
  • Kekuatan lengan yang ingin ditingkatkan dengan gerakan secar rutin.
  • Push up yang dilakukan kurang dari 30 hingga 50 kali setiap pertemuan.
  • Untuk tambahan lagi, tambah maksimal, maka angkatlah barbel juga secara rutin.
  • Barbel yang diangkat sekitar 1 kg atau lebih semampunya.
  • Kekuatan bahu yaitu juga bisa melatihnya dengan mengangkat barbel juga.
  • Barbel untuk menguatkan bahu dengan cara memutar-mutarkan seperti Arah jarum jam.
  • Dengan dilakukan secara rutin dan maksimal, maka hasil yang diharapkan dalam latihan ini bisa dengan baik dan yang diharapkan bisa maksimal dalam melakukan smash dengan baik, semuanya akan terlaksana dengan harapan yang diharapkan mestinya.

5. Teknik Blok

Teknik Blok

yuksinau.id

 Langkah-langkah dalam melakukan pemblokiran dalam permainan bola voli.

  • Posisikam untuk berdiri di depan net dan hadaplah ke Arah bola boli yang pemain lawan lakukan pada tim Anda.
  • Cepat-cepatlah mengambil sikap yang siap untuk mem-blok atau melakukan blocking untuk tim lawan yang melakukan penyerangan smash.
  • Sigaplah dalam melakukan lompat atau melomapat dengan kedua kaki yang melakukan tolakan secara bersamaan.
  • Bola ini untuk dihadang dan dibendung oleh tangan kedua.
  • Kembalilah dengan sikap siap, dengan cara mendarat dan juga kembali kesikap siap.

Akhir Kata

Dengan memahami  teknik dasar bola voli semoga kemampuan kamu akan terus meningkat dan jangan lupa terus berusaha agar menjadi pemain yang profesional.

Show Comments

No Responses Yet

Tinggalkan Pesan