Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola – Permainan sepak bola merupakan olahraga beregu. Permainan ini dilakukan selama 2 x 45 menit dengan adanya istirahat selama a5 menit.

Untuk dapat melakukan permainan dengan baik, seorang pemain harus dapat melakukan teknik dasar permainan dengan baik, seperti mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak.

Dalam menguasai dan melakukan teknik dasar sepak bola, diperlukan latihan secara rutin. Ada berbagai bentuk cara latihan teknik dasar permainan sepak bola yang divariasikan dan dikombinasikan, simak ulasan berikut.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah Sepak Bola Dunia

juansaaa.com

Menurut sejarah, sepak bola dimulai pada abad kedua dan ketiga sebelum masehi di China. Awalnya ada permainan menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil pada masa dinasti Han.

Permainan tersebut disebut sebagai Tsu Chu. Tujuan dari pertandingan ini yaitu untuk melatih fisik tentara dan saar kaisar ulang tahun. Seperti halnya di China, permainan yang mirip dengan Tsu Chu ini pun dimainkan di Jepang.

Namun sebutannya adalah kemari. Sementara di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga mulai digemari pada abad ke-16. Begitu halnya di negara lain, yaitu Inggris. Permainan sepak bola modern mulai digemari.

Namun dibeberapa kompetisi sepak bola yang dilakukan di Inggris ada banyak kekerasan yang ditimbulkan selama permainan berlangsung. Hal ini sempat membuat Raja Edward III melarang aktivitas atau permainan ini pada tahun 1365.

Sependapat dengan Raja Edward, Raja James I dari Skotlandia pun mendukung larangan untuk bermain sepak bola. Kemudian sepak bola kembali terkenal dan berkembang dengan pesat pada tahun 1815, teutama di sekolah dan universitas.

Dimana kelahiran permainan sepak bola kembali lahir di Freemasons Tavern pada tahun 1863. Saat itu, ada 11 sekolah dan klub berkumpul bersama dan merumuskan aturan baku untuk permainan sepak bola.

Disaat yang bersamaan, terjadi pemisahan antara permainan sepak bola dengan Rugby. Pada tahun 1869, pada permainan sepak bola dilarang untuk membawa bola dengan tangan.

Pada rentang waktu 1800-an, olahraga sepak bola dibawa oleh tentara, pelaut dan pedagang Inggris ke berbagai penjuru dunia.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

kompasiana.com

Perkembangan sepak bola di Indonesia tidak terlepas dari pedagang yang datang dari China. Kedatangan mereka tidak hanya berdagang, namun juga menyebar luaskan sepak bola pada masyarakat Indonesia.

Sudah tercatat yaitu pada tahun 1915 sudah banyak terdapat club sepak bola yang didirikan oleh warga Tiong Hoa. Pada tahun 1920 club sepak bola paling hebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda.

Peristiwa yang tidak kalah penting dalam sejarah sepak bola Indonesia adalah, pada tanggal 19 April 1930 didirikannya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Merupakan organisasi yang bertugas menaungi dan mengatur club sepak bola yang ada di Indonesia.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

contekan.net

Ada beberapa teknik dasar permainan sepak bola yang harus kamu ketahui sebelum kamu bermain sepak bola. Teknik dasar permainan sepak bola ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu teknik pergerakan tanpa bola dan teknik pergerakan menggunakan bola.

Teknik Dasar Pergerakan Tanpa Bola

Kenapa hal ini harus dipelajari. Karena latihan ini berguna untuk mengecoh lawan ketika kita dalam keadaan tidak membawa bola. Ada banyak macam teknik pergerakan tanpa bola, diantaranya adalah:

  • Berlari dengan cepat, selanjutnya dibarengi dengan merubah arah lari.
  • Berlari zig-zag dengan menghindari tabrakan dengan pemain lawan.
  • Mencari posisi yang kosong untuk heading ketika tim kita sedang melakukan corner kick.
  • Posisi kita saat menyerang dan ketika melakukan counter attack harus berada di belakang pemain bek lawan agar tidak terjadi offside.
  • Berada di pagar benteng ketika tim kita sedang melakukan tendangan ke arah gawang untuk menghalangi kiper.

Teknik Dasar Pergerakan Menggunakan Bola

Ketika kita mendapatkan atau menerima umpan dari teman satu tim. Hal yang harus kita lakukan adalah dengan menguasai bola agar tidak direbut oleh kawan dan merugikan tim kita.

Ada beberapa teknik pergerakan yang dilakukan ketika kita mendapatkan bola atau akan menerima bola.

1. Teknik Dribbling (Menggiring Bola)

Teknik Dribbling

baabun.com

Dalam melakukan dribbling bola ada beberapa bagian kaki yang biasa digunakan yaitu:

  • Dribbling Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam, Menggiring bola dengan memakai kaki bagian dalam sangat efektif untuk mengecoh lawan yang datang dari arah depan bola. Selain itu, menggunakan kaki bagian dalam, Anda dapat dengan mudah mengontrol bola.
  • Dribbling Dengan Punggung Kaki, Dribbling menggunakan punggung kaki sangat efektif digunakan ketika bola tanpa ada penjagaan dari lawan, atau ketika sedang melakukan speed dribbling, karena bola akan mengalir sangat deras jika memakai punggung kaki.
  • Dribbling Dengan Menggunakan Kaki Bagian Luar, Hampir sama dengan fungsi kaki bagian dalam, yaitu untuk mengecoh lawan. Bahkan kaki bagian luar lebih efektif untuk mengelabui lawan, karena arah bola tidak tertebak. Namunm jika menggunakan kaki bagian luar, bola tidak bila terlalu keras untuk di dribbling.

2. Teknik Passing (Mengumpan Bola)

Teknik Passing

contekan.com

Teknik yang selalu dipakai atau digunakan oleh pemain untuk dapat memberikan bola kepada temannya yakni teknik passing, dimana teknik passing merupakan teknik untuk dapat mengoper bola kepada teman sesam tim.

Mengoper dan juga menerima bola juga harus dikuasai oleh pemain sepak bola , dan teknik ini terdapat 3 cara yakni dengan menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam dan juga pada punggung kaki.

Teknik passing dapat Anda lakukan dengan cara memposisikan badan Anda menghadap ke arah bola terlebih dahulu, selanjutnya Anda dapat fokus pada arah pemain yang nantinya akan Anda oper bole tersebut.

Kemudian Anda dapat menarik sekaligus mengayunkan kaki Anda yang nantinya Anda akan menendang bola ke arah pemain lain, dan jangan lupa Anda harus menyesuaikan power yang ada di kaki Anda agar disesuaikan dengan jangkuan pemain yang Anda oper atau sesuai dengan sasaran Anda sendiri.

3. Teknik Throwing (Melempar Bola)

Teknik Throwing

bolatory.com

Dalam melakukan teknik melempar bola tidak boleh sembarangan karena bisa saja teknik lemparan ini menjadi penentu terjadinya goal.

Lemparan dengan kedua tangan ini apabila dimanfaatkan dengan benar akan memberikan keuntungan kepada pemain agar bola dapat masuk ke gawang melalui umpan yang diberikan.

Teknik throw in harus dipahami oleh semua pemain karena teknik ini tidak kalah penting dengan jenis teknik lainnya.

Para pemain harus memahami bagaimana cara melempar dengan benar, memahami dan mematuhi aturan throw in, serta mengetahui kepada siapa bola akan diumpankan.

Teknik melempar bola dengan kedua tangan memang terlihat sederhana namun memiliki kesulitan tersendiri. Di bawah ini terdapat beberapa aturan yang harus kamu patuhi saat melakukan teknik throw in:

  • Bola yang akan dilemparkan harus berada dibelakang kepala, namun saat bola akan diumpankan kepemain lain maka posisi pelemparan harus melewati atas kepala.
  • Teknik melempar bola ini harus menggunakan kedua tangan.
  • Saat bola akan dilemparkan, posisi kaki tidak boleng terangkat. Arah pelemparan bola harus sesuai dengan posisi badan kita.

Beberapa pemain sangat memanfaatkan teknik melempar bola ini dengan sebaik mungkin agar nantinya dapat mencetak gol. Teknik tersebut merupakan sebuah keuntungan yang sangat dinanti.

4. Teknik Controlling (Mengontrol atau Menerima Bola)

Teknik Controlling

id.wikihow.com

Ada banyak cara yang dapat kita terapkan untuk mengontrol bola dalam olahraga ini. Jadi, sebelum Anda menggiring dan menendang bola, Anda perlu menahan bola terlebih dahulu bukan?

Kali ini, Anda harus mennyimak lebih dalam tentang pengendalian bola menggunakan dada dan kaki, seperti yang akan dipaparkan di bawah ini.

Mengendalikan Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

  1. Kala bola dari rekan sesama pemain mendekat, pastikan sikap tubuh siap dan mengarah pada arah datangnya bola;
  2. Kemudian, putar pergelangan kaki yang kita manfaatkan untuk mengontrol ke arah luar;
  3. Selanjutnya, tekuk sedikit lutut yang kita jadikan tumpuan dan gerakan tangan secar santai untuk menjaga keseimbangan tubuh;
  4. Angkat kaki yang kita gunakan untuk mengendalikan bola ke arah datangnya bola dari pemain;
  5. Lantas, gerakan kaki bagian dalam untuk menyentuh bola, lalu tarik kaki ke belakang dan kuasai bola sebelum lawan mengambil langkah.

Mengendalikan Bola Dengan Kaki Bagian Luar 

  1. Kita harus memastikan tubuh kita dalam posisi siap, yakni berdiri, tapi agak condong ke depan. Tatapan kita pun harus terus terfokus pada bola yang hendak datang;
  2. Selanjutnya, tekuk dikit kaki yang kita manfaatkan sebagai tumpuan, sementara kaki yang kita gunakan untuk mengendalikan bola disilangkan agar kita mampu menahan bola dengan baik;
  3. Lalu, kendalikan bola yang kita dapatkan memakai kaki bagian luar. Pastikan tangan kita pun bergerak santai untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Mengendalikan Bola Dengan Punggung Kaki

  1. Pastikan tubuh kita dalam posisi yang siap ke arah datangnya bola. Jangan sampai pandangan kita terdistraksi ke arah lain;
  2. Lalu, tekuk kaki yang dipakai sebagai tumpuan, sedangkan kaki yang dipakai untuk mengendalikan bola ditekuk ke depan. Pastikan pergelangan kaki kita ditekuk ke bawah;
  3. Lantas, saat mengontrol bola, kenakan punggung kaki ke arah bola. Lalu, kuasai bola sebaik mungkin untuk menjauhkan jangkauan pemain lain.

 Perhatikan Video Youtube berikut:

5. Teknik Shooting (Menendang Bola)

Teknik Shooting

contekan.com

Berikut ini adalah cara yang biasa dilakukan untuk menembak bola ke dalam Gawang. Secara lengkap dengan penjelasannya.

Menembak Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Cara menembak bola dengan kaki bagian dalam pada umumnya banyak digunakan untuk menembakkan bola ke dalam gawang, terutama dari posisi atau jaral yang terbilang dekat. Biasanya cara ini dilakukan dengan menembakkan bola secara berputar.

Menembak Bola Dengan Punggung Kaki

Cara menembak bola yang lainnya adalah dengan menggunakan punggung kaki kita. Pada umumnya cara ini juga banyak digunakan dalam menembakkan bola.

Tapi berbeda dengan cara menembak bola menggunakan kaki bagian dalam cara ini ditujukkan untuk menembak bola dari jarak jauh. Biasanya cara ini dilakukan dengan menembakkan bola secara mendatar.

Menembakkan bola dengan punggung kaki dapat dilakukan dengan kedua sisi punggung kaki, atau bisa menggunakan punggung kaki bagian dalam atau bagian luar, hali ini dimaksudkan untuk menghasilkan bola berputar.

6. Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading)

Teknik Dasar Menyundul Bola

youtube.com

Dalam sepak bola, teknik sundulan sangatlah penting. Sundulan dapat digunakan pada saat bola berada di atas.

Sundulan dapat digunakan untuk memberi umpan atau membuat gol. Dasar-dasar yang harus dilakukan agar dapat melakukan sundulan dengan baik adalah sebagai berikut.

  • Sundulan dilakukan dengan seluruh badan.
  • Otot leher ditegangkan dan leher ditarik.
  • Bola harus mengenai dahi.
  • Mata mengikuti bola.

Sundulan dapat dilakukan dalam berbagai sikap atau posisi, diantaranya:

Cara Sundulan Sambil Berdiri

  1. Badan diayunkan ke belakang.
  2. Lutut menyepak.
  3. Tumit agak terangkat.
  4. Leher ditegangkan sambil digerakkan ke depan dengan dahi memukul bola.
  5. Sundulan dilakukan dengan kekuatan otot perut.

Cara Sundulan Sambil Berlari/Berjalan

Sundulan ini sama dengan sundulan berdiri, hanya menyundul bola dengan awalan berjalan/berlari.

Cara Sundulan Sambil Melompat

Ketepatan waktu melompat harus pas. Karena bola harus disundul pada saat mencapai titik tertinggi dalam lompatan dan sikap badan pada waktu menyundul bola harus tepat.

7. Teknik Merebut Bola (Intercept)

Teknik Merebut Bola

santrijawa.com

Apa arti merebut bola? Menurut Subardi dan Andri Setyawan (2007:33) menyatakan tackling adalah keterampilan individu untuk bertahan yang digunakan untuk merebut bola.

Semua pemain harus mampu melakukan keterampilan ini dengan baik karena semuanya memiliki tanggung jawab untuk bertahan jika lawan melakukan serangan.

Subardi dan Andri Setyawan (2007:33) menyatakan bahwa salah satu cara untuk merebut bola dari lawan adalah dengan melakukan tackling. tackling dibagi atas tiga kategori yaitu, tackling membelok, tackling menyodok dan tackling meluncur.

Menurut Sucipto, dkk. (2000:34) ada beberapa cara untuk merampas bola dari lawan diantaranya yaitu:

Teknik Merampas Bola Sambil Berdiri

Merampas bola sambil berdiri pada umumnya dilakukan jika bola masih dalam jangkauan kaki. Merampas bola sambil berdiri dapat dilakukan dari arah samping dan arah depan.

Analisis teknik merampas bola sambil berdiri adalah sebagai berikut:

  • Menempatkan posisi sedekat mungkin dengan lawan yang sedang membawa bola.
  • Memperhatikan gerak-gerik lawan.
  • Letakkan kaki tumpu di samping depan kaki lawan yang menguasai bola dan kaki tumpu ditekuk bagian lututnya sedikit.
  • Kaki yang digunakan untuk merampas diangkat sedikit ke belakang, lalu ayunkan ke depan dan kenakan ke tengah-tengah bola.
  • Dengan kaki bagian luar/dalam dan dengan menguatkan otot-otot kaku menahan bola dengan tekanan yang kuat.
  • Apabila lawan berdiri dengan kaki rapat, maka cepat-cepat kaki yang merampas bola menekan dan menarik bola sehingga bola bergulir di atas kaki lawan, lalu bola dikuasai.

Teknik Merampas Bola Sambil Meluncur

Merampas bola sambil meluncur pada umumnya dilakukan jika di luar jangkauan kaki. Merampas bola sambil meluncur dapat dilakukan dari arah samping dan depan.

Analisis teknik merampas bola sambil meluncur adalah sebagai berikut:

  • Lari mendekati bola yang dikuasai lawan sehingga memungkinkan untuk meluncur ke arah bola.
  • Pada langkah terakhir kaki tumpu, lutut dibengkokkan dan titik berat badan direndahkan.
  • Kaki yang lain meluncur ke arah bola dengan kaki bagian dalam atau telapak kaki bola didorong kelusir penguasaan lawan.
  • Dengan bantuan tangan, badan direbahkan.

Terdapat dua teknik meluncur (sliding tackling), yaitu sebagai berikut:

  1. Sliding tackling dengan kaki bagian luar. Cara melakukannya sebagai berikut: Dilakukan dengan sisi luar salah satu kaki dan kaki yang lain berada pada posisi di samping tubuh.
  2. Sliding tackling dengan kaki bagian dalam. Cara melakukannya sebagai berikut: Sliding dilakukan dengan melipat kaki kanan. Bola dijepit dengan sisi dalam kaki kiri, dan lutut ditekuk. Dan kaki kanan dilipat di bawah tubuh.

8. Teknik Menyapu Bola (Sliding Tackel)

Teknik Menyapu Bola

youtube.com

Berikut ini beberapa macam teknik menyapu bola/menghadang bola atau cara melakukan tackling yang benar dalam permainan sepak bola.

  • Tekel Blok

Teknik ini bertujuan agar pemain dapat merebut bola tanpa kehilangan kendali pada kakinya. Langkah pertama yang dilakukannya adalah menjaga keseimbangan dengan menempatkan kaki kiri yang baik.

Ketika pemain lawan datang membawa bola dari arah depan, gerakan pemain lawan tersebut segera dihadang dengan cara menjatuhkan tubuhnya. Lalu, gerakkan kaki kanan tegak lurus (kaki kanan yang bebas) secara cepat ke arah pemain lawan dengan tetap bertumpu pada kaki.

  • Tekel Tusukan

Teknik ini dilakukan dengan cara menusuk bola dengan kaki. Sementara itu, bola sedang berada dalam penguasaan lawan. Dengan teknik ini, bola diharapkan dapat lepas dan menjauh dari kaki pemain lawan.

  • Tekel Meluncur

Teknik ini merupakan jenis tekel yang cukup efektif untuk menghentikan serangan pemain lawan. Teknik ini dilakukan apabila posisi pemain cukup jauh dari daerah gawang, sementara pemain lawan sudah masuk ke daerah tendangan hukuman (penalty area).

Gerakan ini hampir sama dengan tekel blok atau tekel tusukan, hanya pemain harus bergerak meluncur terlebih dahulu untuk menghadang pergerakan bola yang dibawa pemain lawan karena jaraknya cukup jauh.

  • Gerakan Membayangi

Teknik ini dipakai untuk mengantisipasi pemain lawan yang melakukan teknik menggiring bola (dribble). Usaha yang dapat dilakukan dengan menjaga jarak pemain depna lawan dan daerah gawang sambil menunggu pemain tersebut berbuat kesalahan.

Untuk menahan pergerakannya, pemain dapat menekuk kedua lutut agak condong ke dapan. Jangan bersikap kaku dalam mengikuti pergerakan pemain lawan.

Hal itu karena pemain lawan akan mudah melewati dengan cara menabrakkan tubuhnya atau melakukan beberapa teknik  menendang bola melewati sela-sela kaki pemain yang menghadangnya.

Ia sebaiknya tidak lengah dan tetap berkonsentrasi penuh menunggu kesempatan untuk mengambil alih kendali bola.

9. Teknik Menangkap Bola (Penjaga Gawang)

Teknik Menyapu Bola

ikrimah.com

Untuk menjadi seorang kiper profesional, setidaknya harus mempelajari beberapa teknik menangkap bola dalam sepak bola. Dan berikut beberapa teknik dalam menangkap bola dalam sepak bola.

Tangkapan Bola Melayang

  • Anda bisa mengambil posisi di antara gawang dan bola, hal ini merupakan salah satu antusias kiper agar tidak ada celah atau ruang kosong yang lebar. Sehingga mengurangi terjadinya blunder.
  • Selanjutnya Anda bisa sedikit membuka kaki selebar bahu.
  • Sedikit bungkukkan tubuh Anda dan siapkan tangan Anda di depan untuk menyambut bola.
  • Saat bola menuju Anda dan menyentuh telapak tangan Anda, tarik lengan dan iktui arah bola sambil menahannya.
  • Dekap dengan badan, dan mundurkan tubuh sedikit untuk meredam kecepatan bola. Hal ini bertujuan agar bola tidak memantul lagi dan terjadi blunder. Karena bola-bola dengan arah bola di atas pinggang merupakan tendangan yang keras.

Tangkapan Bola yang Mengarah ke Atas Kepala

  • Posisikan tubuh Anda berdiri tegak dan benar-benar bola mengarah ke arah dimana Anda berdiri.
  • Posisikan tangan di atas kepala sesuai dengan arah kedatangan bola.
  • Ketika bole menyentuh telapak tangan, segera jepit bola di antara kedua tangan dan tahan sebentar untuk memastikan bola berhenti bergerak.
  • Tarik tangan ke bawah untuk memastikan bola tertangkap dengan baik.

Teknik Menangkap Bola Menyusuri Tanah

  • Posisikan tubuh diantara bola dan gawang dimana Anda benar-benar melindungi bola agar bola tidak masuk ke gawang, dan posisikan tubuh dalam keadaan berjongkok.
  • Buka kaki hingga selebar bahu.
  • Bungkukkan badan dan buka telapak tangan.
  • Ketika bola mengarah ke Anda, tangkap dengan mengalirkan bola ke dada sambil tangan ditarik hingga memeluk bola, dekap dan posisikan satu kaki menekuk untuk menghindari blunder dan bola lolos melalui sela-sela kaki.

Akhir Kata

Bermainlah secara terhormat, tak memperdulikan nama di punggung tapi memperjuangkan lambang di dada.

Bahwa teknik dasar sepak bola harus dikuasai oleh seorang pemain bola sehingga sepak bola dapat dimainkan dengan benar dan jika latihan terus-menerus maka kemampuan teknik permainan sepak bola akan terus meningkat.

Show Comments

No Responses Yet

Tinggalkan Pesan