Tumbuhan Langka

Tumbuhan langka – Tumbuhan juga bisa mengalami kepunahan akibat dampak aktivitas manusia atau juga bencana alam. Indonesia memiliki sejumlah tanaman hias yang makin lama semakin langka karena tidak sedikit yang mengasuh dan menjaganya.

Pada dasarnya, kelangkaan tidak hanya terjadi pada tumbuhan saja. Tapi, spesies-spesies yang ada di dunia juga dapat mengalami kelangkaan. Artikel ini akan mengulas tentang macam-macam tumbuhan langka dan manfaatnya yang ada di Indonesia dan dunia.

Kita hidup perlu oksigen dan tumbuhanlah produsennya

Baca Juga: Pengertian tumbuhan dikotil [lengkap]

Pengertian Tumbuhan Langka

Pengertian Tumbuhan Langka

Pixabay

Tumbuhan langka dan keterangannya wikipedia adalah tumbuhan yang persebarannya mulai berkurang dan semakin menghilang di dunia. Tumbuhan yang berjenis ini biasanya memiliki karakteristik yang sulit dikembangbiakan dan media pertumbuhan yang sangat spesifik.

Sebenarnya tumbuhan yang berjenis seperti ini bisa kita kategorikan di berbagai belahan dunia dan di Indonesia. Indonesia kaya akan flora dan faunanya. Ada banyak jenis tumbuhan yang masuk ke dalam kelompok langka dan hidup di nusantara. Apa saja ya?

Ciri-ciri Tumbuhan Langka

Ciri-ciri Tumbuhan Langka

Pixabay

  • Dilestarikan.
  • Jarang tumbuh.
  • Jarang dijumpai.
  • Memiliki harga yang tingga.
  • Memiliki warna yang indah dan sangat bagus.

Contoh Tumbuhan Langka di Dunia

Contoh Tumbuhan Langka di Dunia

Pixabay

Tumbuhan yang langka di dunia juga cukup banyak, dan masih banyak keanekaragaman yang memiliki bentuk menawan. Tanaman ini menjadi icon di dunia.

1. Methuselah

Methuselah

All That’s Interesting

Sudah diperkirakan tanaman ini umurnya mencapai 4,841 tahun lebih tua dari peradaban manusia. Tumbuhan ini bertunas ketika zaman perunggu, 2000 tahun sebelum kota Roma didirikan dan beberapa ratus tahun sebelum dibangunnya Great Pyramid Giza.

Pertumbuhan tanaman pada daerah dingin dan termasuk ke dalam golongan yang lambat tumbuh. Sifat kayu ini salah satunya adalah tahan dengan serangan berbagai penyakit dan padat.

2. Rainbow Eucalyptus

Rainbow Eucalyptus

Amazon UK

Rainbow eucalyptus adalah jenis pohon cemara yang tingginya bisa mencapai 246 kaki. Tanaman ini ditemui di Indonesia sampai dengan Filipina. Cabang dan batang pohon ini memiliki gurat-gurat mencolok yang berwarna-warni (merah, ungu, hijau, pink, kuning, oren).

Warni yang mirip seperti pelangi tersebut terbentuk dengan sendirinya secara manual/alami. Persebaran pohon ini sangat langka dan hanya ditemui di asia tenggara dan persebarannya pun sudah mulai hampir punah.

3. Silk Floss Tree

Silk Floss Tree

VideoBlocks

Tanaman ini hanya bisa ditemui di kawasan hutan tropis dan subtropis Amerika Selatan (Paraguay, Argentina, Brazil, dan sebagainya). Tinggi pohon ini bisa mencapai hingga 81 kaki.

Duri kerucut raksasa tersebar di batang serta di cabangnya. Duri itu dapat berguna untuk penghematan air. Daerah persebaran tanaman langka di dunia ini berada di berbagai daerah di Amerika Selatan, namun juga pernah ditemukan di ASIA, terutama di asia timur.

4. Pohon Botol

Pohon Botol

Aini Aziz

Pohon botol juga bisa disebut dengan pohon Baobab. Pohon ini bisa ditemukan di Madagaskar, Australia, Afrika. Pohon botol ini memang mempunyai bentuk yang mirip sekali dengan botol.

Selain rupanya yang mirip dengan botol, ia juga dapat menyimpan air sampai dengan 300 liter. Pohon botol bisa tumbuh hingga 500 tahun lamanya, pohon ini tergolong yang yang tahan dan tangguh.

5. Pohon Darah Naga

Pohon Darah Naga

Bobo – Grid.ID

Tumbuhan ini asli dari kepulauan Socotra, dengan nama latin Dracaena Cinnabari. Sebutan yang lainnya dari pohon darah naga ini yaitu pohon naga Socotra.

Bentuk pohon darah naga unik mirip payung dengan getah yang berwarna merah seperti darah. Getah pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai obat. Warna merahnya yang terang dan mencolok membuatnya bisa dipakai untuk pewarna merah yang alami.

Baca Juga: 15+ jenis tumbuhan daerah tropis beserta penjelasannya

6. Pohon Dinamit

pohon dinamit

justpaste.it

Pohon ini asalnya dari hutan Amazon. Banyak julukan yang disematkan pada pohon ini, salah satunya adalah pohon neraka dan pohon kotak pasir (Sandbox tree). Batang pohon ini tertutup oleh duri-duri yang tajam dengan getah pohon yang ada racunnya.

Orang-orang di sekitar sana memanfaatkan getah yang beracun untuk melumuri mata panah. Pohon ini juga memiliki buah, tetapi buahnya tidak seperti buah pada umumnya, lho. Jika buah tersebut sudah matang, buah dinamit ini akan meledak!

Ledakannya cukup kuat sampai-sampai dapat membuat makhluk hidup yang sedang lewat dekat pohon dinamit akan terluka. Karena buahnya yang mampu meledak, tanaman ini pun dinamai dengan pohon dinamit.

Contoh Tumbuhan Langka di Indonesia

Tumbuhan langka di Indonesia sangat banyak sekali, sudah tercatat ada lebih dari 30 tanaman langka yang ada di seluruh wilayah Jawa.

1. Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi

Materi Ipa

Tumbuhan ini terkenal memiliki bau yang busuk sehingga dinamakan juga dengan bunga bangkai. Ciri-ciri bunga bangkai ini yang paling mencolok adalah baunya yang busuk.

Fungsi dari bau busuk tersebut untuk menarik serangga yang mendekat sehingga dapat membantu proses penyerbukan. Jika kalian ingin melihat bunga rafflesia, Anda bisa langsung saja ke Taman Nasional Bengkulu.

Diameternya sekitar 1 meter. Bunga ini juga termasuk ke dalam golongan tumbuhan parasit. Ia memerlukan inang untuk hidup dan berkembang. Jumlah bunga ini sekarang sudah menurun tajam. Karena akibat ulah manusia yang membuka lahan hutan sebagai daerah bermukim, perkebunan, atau pertanian.

2. Kantong Semar

Kantong Semar

Pixabay

Kantong semar merupakan jenis tanaman karnivora. Kantong ini akan tertutup daunnya masih muda dan tatkala tengah ada mangsa dalam kantongnya dan membuka sewaktu kantong semar sudah dewasa atau usai menyerap nutrisi mangsa.

Tujuannya adalah untuk menghindari hewan lain untuk memakan serangga yang sudah ia tangkap dan membuat proses pencernaan berjalan dengan baik dan lancar.

Kantong semar juga dipercayai memiliki manfaat bagi kesehatan yang dapat menjaga tubuh agar tetap bugar dan untuk diabetes.

3. Edelweis

Bunga edelweis

Pixabay

Bunga edelwis atau biasa dikenal dengan bunga abadi ini memang tidak mudah layu saat dipetik, ia mampu bertahan lama. Bunga ini memiliki warna putih kuning atau putih cokelat.

Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 8 meter dengan batang bisa sampai ukuran kaki manusia. Tanaman ini dapat ditemukan di pegunungan wilayah Jawa, Lombok, Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan.

4. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga Bangkai Raksasa

goodnewsfromindonesia.id

Hampir sama dengan rafflesia arnoldi, bunga ini memiliki bau yang juga busuk seperti bangkai untuk menarik perhatian lalat dan serangga lainnya guna membantu proses penyerbukan.

Tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia dan berasal dari suku talas-talasan. Bunga bangkai raksasa ini banyak dijumpai di wilayah Sumatra. Nama latin dari bunga ini adalah amorphophallus titanium becc.

Baca Juga: 49+ contoh, ciri-ciri dan pengertian tumbuhan monokotil

5. Anggrek Hitam

Anggrek Hitam

Pixabay

Anggrek memiliki nama ilmiah yaitu coelogyne pandurata ini mempunyai bunga yang khas, yaitu warna lidah bunga hitam. Di luar dikenal dengan sebutan black orchid, sedangkan untuk daerah Kalimantan Timur menyebutnya dengan nama kersik luai.

Persebaran anggrek hitam di Indonesia masih terdapat di Kalimantan Timur. Namun hal ini semakin sulit ditemukan, karena semakin banyak tambang dan pembukaan lahan di sana.

6. Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah

Pixabay

Anggrek hartinah ini hanya ada di kawasan Sumatra Utara. Nama lain dari anggrek hartinah adalah anggrek tien suharto dan nama latin cymbidium hartinahlanum.

Persebaran di Indonesia: Anggrek yang tumbuh merumpun ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976 tepatnya di kawasan desa Baniara Tele, kecamatan Harina, Samosir, Sumatra Utara.

Baca Juga: Pengertian, ciri-ciri dan manfaat tumbuhan lumut “artikel lengkap”


EH, ternyata jenis tumbuhan langka yang dilindungi di dunia dan Indonesia sangat beragam, ya. Kita harus tetap menjaganya agar tidak punah atau rusak.

Jangan sampai ada hal-hal yang dapat membuat populasi tanaman langka berkurang. Jaga dan turut berperan lindungi tanaman langka!

Show Comments

No Responses Yet

Tinggalkan Pesan

%d blogger menyukai ini: