Tumbuhan Parasit

Tumbuhan Parasit – Seperti yang sudah Anda lihat pada judul di atas, saya akan membahas mengenai tumbuhan parasit dan contohnya. Diantara banyak jenis tumbuhan parasit, ada tumbuhan yang tidak bisa hidup mandiri.

Ia bisa hidup dengan cara menumpang pada tumbuhan lain (tumbuhan inang) dan mengambil sari makanan inangnya, sehingga membuat inangnya menjadi kekurangan makanan bahkan hingga mengakibatkan inangnya mati. Tumbuhan ini disebut parasit.

Nah pada kali ini saya akan mengajak teman-teman semua untuk mengenal lebih dekat tentang tumbuhan parasit. Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengetahuinya atau bahkan sudah faham tentang tumbuhan ini. Tetapi apa salahnya apabila kita mengulangi ilmu ini.

Tumbuhan jalan hidupnya melewati berbagai penghalang, menghadapi cuaca buruk, dan mengatasi hama.

Baca Juga: 13+ jenis tumbuhan pemakan serangga yang menyeramkan

Ciri-ciri Tumbuhan Parasit

Ciri-ciri Tumbuhan Parasit

Pixabay

Tumbuhan yang kelangsungan hidupnya menggantung sebagian atau seluruh sumber energinya pada tumbuhan lain (tumbuhan inang) dan merugikan inangnya karena kekurangan energi.

Ada beberapa sedikit ciri-ciri tumbuhan tersebut:

  • Tidak bisa berdiri tegak.
  • Merugikan tumbuhan lain.
  • Menumpangi tumbuhan lain.
  • Tidak bisa memasak makanannya sendiri.
  • Mengambil cadangan makanan tumbuhan yang ditumpanginya.

Macam-macam Tumbuhan Parasit

Macam-macam Tumbuhan Parasit

Pixabay

Berdasarkan tingkatannya, tumbuhan ini bisa dibedakan menjadi 3, apa sajakah itu? Mari kita simak ulasan berikut ini:

1. Hemiparasit

Merupakan tumbuhan yang mengambil makanan dari tumbuhan inangnya hanya pada sebagian tahap pertumbuhannya. Contohnya adalah cendana (santalum album).

2. Fakultatif

Atau semi parasit, yaitu tumbuhan yang tidak seutuhnya mengambil sumber makanan dari tumbuhan inang. Tumbuhan parasit fakultatif ini memproduksi sebagian makanannya sendiri karena masih memiliki organ fotosintesis yang berfungsi.

Apa saja sih yang termasuk ke dalam kategori ini? Antara lain yaitu striga SPP, cassytha SPP, tapinanthus bangwensis, sopubia ramosa, dan viscum album.

3. Obligat

Disebut juga dengan tumbuhan yang sempurna/sejati, yaitu tumbuhan yang sumber kelangsungan hidupnya sepenuhnya bergantung pada tumbuhan lain. Tumbuhan obligat ini mengambil semua kebutuhan makanannya dari tumbuhan inang.

Bahkan ada juga yang sampai meninggalkan racun dan memakan jaringan pada tumbuhan yang ditumpanginya. Contoh misalnya adalah loranthus SPP, cuscuta SPP, raflessia SPP, orobanche SPP, dan lain-lain.

Baca Juga: 49+ contoh, ciri-ciri dan pengertian tumbuhan dikotil

Contoh-contoh Tumbuhan Parasit

Contoh-contoh Tumbuhan Parasit

Pixabay

Berikut contoh tumbuhannya yang sering mengganggu kehidupan tumbuhan lain:

1. Benalu (Loranthus)

Benalu (Loranthus)

Pixabay

Tumbuhan ini termasuk ke dalam golongan tumbuhan yang sangat merugikan inang yang ditumpanginya, karena tumbuhan ini menyerap sari makanan tumbuhan yang ditemeplinya.

Tumbuhan yang satu ini sangat mudah untuk dibedakan dengan tumbuhan inangnya, karena memiliki daun, batang, dan bunga yang berbeda dari tumbuhan inangnya.

2. Tali Putri (Cuscuta)

Tali Putri (Cuscuta)

Pixabay

Tumbuhan ini tergolong ke dalam tumbuhan yang dapat merugikan tumbuhan yang ditumpanginya, selain itu tali putri akan merambat menutupi keseluruhan permukaan batang dan daun dari tumbuhan yang ditempelinya, sehingga menghambat proses fotosintesis dari tumbuhan inangnya.

3. Padma (Rafflesia patma)

Padma (Rafflesia patma)

Pixabay

Tumbuhan yang satu ini berbentuk bunga besar atau sering disebut sebagai rafflesia, bunga ini termasuk ke dalam golongan nama nama tumbuhan parasit karena tumbuh pada jaringan tumbuhan yang merambat, selain itu tumbuhan ini hanya ada bunganya saja tanpa ada daun sebagai alat fotosintesis.

4. Anggrek Sarang Burung (Neottia nidus-avis)

Anggrek Sarang Burung (Neottia nidus-avis)

pixabay

Anggrek sarang burung ini memiliki bunga yang mirip seperti bunga lafender, tetapi, hanya warnanya saja yang berwarna putih, tumbuhan ini tidak memiliki daun sehingga tidak bisa melakukan fotosintesis.

Tanaman ini biasa disebut sebagai anggrek sarang burung karena akar dari anggrek ini sama mirip seperti sangkar burung, dan tumbuhan ini tidak dapat ditemui di Indonesia.

Baca Juga: 15+ jenis tumbuhan daerah tropis 

5. Cendana (Santalum album)

Cendana (Santalum album)

DhanyInfo.net

Tumbuhan ini sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan parfum, dan tergolong ke dalam tumbuhan parasit tts.

Hal ini disebabkan karena akar dari pohon cendana menempel pada akar tumbuhan lain sehingga akar cendana menyerap nutrisi atau sumber makanan pohon lain.

6. Broomrape (Orobanche)

Broomrape (Orobanche)

Mahmiyat.ps

Kecantikan dan keindahan bunganya, hanyalah kedok tumbuhan parasit yang hidup menumpang pada tumbuhan lain ini. Tumbuhan ini sangat unik, karena tak kasat mata dan hanya terlihat apabila sudah musimnya untuk berbunga.

Keunikannya yaitu biji tumbuhan ini hanya dapat berkecambah apabila ada “trigger” berupa bahan kimia tertentu yang dihasilkan tumbuhan inangnya. Ketika ada korban di dekatnya, maka biji tersebut akan bangkit dari masa dorman (tidur panjang) dan langsung menyerangnya.

7. Forest Ghost Flower (Aeginetia indica)

Forest Ghost Flower (Aeginetia indica)

blog横濱の文化探訪

Tumbuhan ini hidup sebagai perusak akar di bawah tanah dan baru akan ketahuan pada saat muncul bunganya. Bentuknya sama seperti namanya, sereemm!!

8. Sandfood (Pholisma sonorae)

Sandfood (Pholisma sonorae)

iNaturalist

Tanaman yang menyerupai batu ini hanya hidup di gurun pasir arizona hingga Colorado, Amerika Serikat. Oleh penduduk asli Amerika, tumbuhan parasit ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

9. Rafflesia (Rafflesia arnoldii)

Rafflesia (Rafflesia arnoldii)

Materi Ipa

Tumbuhan ini memiliki 12 jenis di Asia Tenggara, dan semuanya merupakan tumbuhan parasit yang tidak memiliki zat hijau daun. Batangnya sangat pendek, memiliki beberapa sisik pada satu bunga yang bisa  tumbuh sangat besar dibandingkan ukuran batangnya.

Jenis (Rafflesia padma) yang terdapat di Jawa hidup sebagai parasit pada akar dan pangkal batang Vitis lanceolaria. Oleh para pengusaha jamu, bunganya dikenal dengan sebutan padmasari, yang banyak dipergunakan sebagai bahan ramuan obat kecantikan.

Jenis Rafflesia arnoldi di Bengkulu merupakan bunga terbesar di dunia. Penampangnya bisa menjadi satu meter. Bunga ini telah dinobatkan sebagai puspa langka pada tahun 1991.

Baca Juga: 49+ contoh, ciri-ciri dan pengertian tumbuhan monokotil

10. Gulma Rumput Setan (Striga asiatica)

Gulma Rumput Setan (Striga asiatica)

Dwi Guntoro’s Blog – WordPress.com

Yang di atas hanya sebatas contoh gambar tumbuhan parasit.

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang tumbuhan parasit dan contohnya. Semoga artikel yang saya tuliskan bermanfaat dan membantu teman-teman yang telah membacanya. Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan teman-teman di WEB ini, jangan lupa subscribe yah!!

Show Comments

No Responses Yet

Tinggalkan Pesan

%d blogger menyukai ini: