tumbuhan pemakan serangga

Tumbuhan Pemakan Serangga

Tumbuhan Pemakan Serangga – Memang aneh untuk didengar, tetapi memang ada jenis-jenis tumbuhan pemakan serangga di sekitar kita. Sangat luar biasa bukan?

Tumbuhan yang biasanya mengambil sari pati tanah untuk hidup, namun jenis ini menyerap nutrisi dari serangga yang mereka cerna. Sudah mulai penasaran apa saja tumbuhan pemakan serangga yang akan kita ulas?

Baca Juga: 9+ contoh, ciri-ciri dan pengertian tumbuhan parasit

15 Tumbuhan Pemakan Serangga

Banyak sekali di dunia ini yang sangat menarik. Maka dari itu, mari kita jaga dan lestarikan. 

1. Kantong Semar

kantong semar

pixabay

Tumbuhan pemakan serangga yang pertama adalah kantong semar. Tumbuhan dengan nama ilmiah Genus Nepenthes ini memang banyak ditemukan di negara dengan jumlah nitrogen yang sedikit, seperti Indonesia.

Kantong semar hidup dengan menjadi parasit pada tumbuhan lain. Bahkan, tingginya bisa mencapai 15 – 20 meter. Cara kantong semar menarik perhatian serangga adalah dengan mengeluarkan aroma harum dari kantongnya.

Setelah serangga hinggap di tepi lubang kantong semar, maka serangga tersebut akan tergelincir dan terperangkap di dalam kantong tumbuhan ini. Terdapat cairan khusus dalam kantong semar untuk mencerna dan mengambil nutrisi dari serangga yang ditangkapnya.

2. Aldrovanda

Aldrovanda Vesiculosa

youtube

Di Indonesia tumbuhan ini dikenal dengan nama tumbuhan kincir air. Tumbuhan ini berkembang sangat cepat, hingga 4-9 mm per harinya. Aldrovanda vesicula didominasi oleh batang berukuran 6-11 cm yang mengambang di atas air.

Tumbuhan kincir air ini tidak memiliki akar seperti tumbuhan lainnya. Perangkap tumbuhan in terdiri dari dua lobus yang terbuka, mirip dengan jebakan pada tumbuhan venus flytrap. Perbedaannya jebakan tumbuhan kincir lebih kecil dan berada di dalam air.

3. Venus Flytrap

venus flytrap

pixabay

Tampilan yang cukup seram sudah terlihat dari tepi-tepi daun Venus Flytrap ini yang tampak seperti berduri. Daun tersebut dapat terbuka dan tertutup.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Dionaea muscipula adalah tumbuhan merambat yang bersifat karnivora. Lobus (daun) pada Venus Flytrap akan mengeluarkan lendir di ujung-ujung lobus untuk menarik perhatian serangga, terutama lalat.

Serangga akan terkunci dengan duri-duri di tepi lobus sehingga ia tidak dapat melarikan diri. Kemudian, saat lobus Venus Flytrap tertutup, serangga akan dicerna dan tumbuhan ini mengambil sebagian kandungan nitrogen dari serangga tersebut.

Baca juga: 13+ jenis tumbuhan pemakan serangga yang mengerikan

4. Brocchinia Reducta

Brocchinia Reducta

wikipedia

Tumbuhan ini tersebar di Guyana, Kolombia, Brazil dan Venezuela Selatan. Mereka banyak ditemukan tumbuh di tanah yang tidak subur. Brocchinia reducta dikenal sebagai tumbuhan yang cepat beradaptasi dengan lingkungan.

Sehingga tidak jarang tumbuhan ini tumbuh di atas batu. Akar mereka digunakan sebagai penopangnya. Jebakan pada tubuh mereka mampu memantulkan cahaya ultraviolet.

Tentu hal tersebut bisa menjadi umpan yang bagus, karena banyak serangga yang tertarik dengan sinar ultraviolet. Selain itu permukaan perangkapnya bertekstur licin.

Menyebabkan serangga yang mendarat akan langsung tergelincir dan kemudian tenggelam di area perangkap yang berisi cairan.

5. Sarracenia

Sarracenia

pixabay

Sarracenia adalah tumbuhan yang bentuknya seperti corong panjang dengan kelopak berwarna merah di bagian atasnya. Anda hanya bisa menemukan Sarracenia di Amerika Serikat atau Kanada bagian tenggara.

Biasanya, tumbuhan ini hidup dengan bebas di tepi sungai. Teknik Sarracenia untuk menarik perhatian mangsanya hampir serupa dengan kantong semar. Tumbuhan ini akan mengeluarkan aroma yang sangat harum.

Sementara itu, terdapat cairan yang berada di tepi-tepi kelopak Sarracenia untuk membuat serangga terpeleset dan jatuh ke dalam corong tumbuhan ini. Kemudian, enzim protease di dalam tumbuhan ini akan mencerna serangga yang berhasil terperangkap.

Baca Juga: 49+ contoh, ciri-ciri dan pengertian tumbuhan monokotil

6. Byblis

Byblis

pixabay

Tumbuhan pemakan serangga asli Australia Barat ini mempunyai lima benang sari di tiap bunganya. Penampilan byblis yang menarik membuatnya disebut dengan tumbuhan pelangi.

Permukaan daun tumbuhan ini tertutup oleh kelenjar-kelenjar rambut yang menghasilkan zat yang lengket. Zat tersebut yang membuat serangga terperangkap.

Serangga akan mati kelelahan setelah mencoba melarikan diri dari jebakan. Setelah itu baru byblis akan menyerap nutrisi serangga yang telah mati.

7. Butterwort

Butterwort

pixabay

Dikenal dengan nama ilmiah Pinguicula,  Butterwort adalah tumbuhan pemakan serangga dengan tampilan yang unik dan cantik.

Daun-daunnya berwarna hijau segar dan bersusun-susun seperti kelopak bunga yang sedang merekah. Kecantikan daun tumbuhan inilah yang membuat serangga tertarik untuk masuk ke dalam kelopak-kelopak daunnya.

Namun, di permukaan daun terdapat cairan lengket yang akan menjebak serangga agar tidak dapat melarikan diri. Sementara itu, Butterwort juga memiliki zat yang akan mencerna serangga yang terperangkap secara perlahan-lahan.

8. Cephalotus

Cephalotus

youtube

Berbeda dari tanaman pemakan serangga lainnya yang hanya memiliki satu jenis daun, cephalotusmemiliki dua tipe daun yang berbeda.

Satunya merupakan daun biasa dan satunya lagi merupakan daun perangkap (pitcher), yang bentuknya mirip tanaman pitcher lainnya. Di pintu masuk perangkap, terdapat duri yang sangat sistematis.

Memungkinkan serangga untuk masuk dengan mudah, namun mencegah mangsa untuk keluar. Serangga yang sudah tergelincir masuk ke dalam perangkap akan dicerna untuk diambil nutrisinya.

9. Kincir Air

Aldrovanda vesicula

USGS NAS

Dinamakan kincir air karena tumbuhan ini memang memiliki bentuk seperti kincir. Berbeda Dengan tumbuhan karnivora lainnya, kincir air ini hidup di dalam air.

Akan tetapi, daun-daun tumbuhan ini mengapung di air untuk menjebak serangga. Tumbuhan dengan nama ilmiah Aldrovanda vesicula mampu berkembang dengan sangat cepat.

Tangkai tumbuhan ini berisi udara, sedangkan bagian ujung tangkai yang mengapung di permukaan air ini terdapat lubang untuk jalan masuk serangga.

Menariknya, perangkap tumbuhan kincir air ini bisa menutup dalam waktu 10 milidetik saja. Sudah bisa dipastikan bahwa serangga yang masuk ke tangkai tumbuhan ini tidak akan bisa keluar lagi.

10. Darlingtonia Californica

Occulto Magazine

Occulto Magazine

Darlingtonia californica merupakan tanaman pemakan serangga yang hidup di daerah pasir bergambut, pinggiran sungai ataupun rawa-rawa. Mereka tersebat di kawasan California bagian utara dan Oregon di Amerika Serikat.

Mirip apa ya kira-kira daunnya? Ya benar daun darlingtonia califronica mirip dengan ular, tak salah jika tanaman ini juga disebut cobra lily.

Pintu jebakannya berbentuk seperti taring dan setelahnya terdapat rongga udara. Rongga udara mengeluarkan aroma khas yang mampu menarik perhatian mangsa.

Sekali masuk ke perangkap, serangga tidak akan bisa keluar lagi. Jika di alam liar yang kaya akan sinar matahari tanaman ini akan tumbuh berwarna-warni, namun jika dibudidayakan dan disinari sinar buatan makanya warnanya akan tetap hijau.

11. Drosera

Drosera

pixabay

Tampilan dari tumbuhan ini memang sangat cantik. Bahkan, orang-orang di Indonesia mengenalnya sebagai tanaman embun matahari.

Tumbuh karnivora yang juga dikenal dengan nama Sundews ini memiliki 194 spesies yang tersebar hampir di seluruh dunia, kecuali Antartika.

Tumbuhan ini dikelilingi oleh tentakel berwarna merah yang membuat penampilannya semakin menarik. Tentakel tersebut rasanya manis dan terdapat cairan lengket seperti lem untuk mengunci serangga.

Ketika ada serangga yang terjebak di salah satu tentakel, maka tentakel lainnya akan bergerak untuk mengunci serangga tersebut dan menyerap nutrisi yang terdapat di dalamnya.

12. Genlisea

genlisea

pixabay

Habitat dari tumbuhan yang disebut juga dengan tanaman pembuka botol ini adalah daerah yang sangat basah. Terdapat dua jenis daun yang berbeda fungsi pada genlisea.

Satu daun berada di bawah tanah berfungsi seperti akar. Daun tersebut menghisap air dan zat hara dari dalam tanah. Selain itu juga berfungsi untuk menangkap protozoan.

Satu daun lainnya berada di atas permukaan tanah. Fungsinya untuk memancing mangsa agar masuk ke dalam jebakannya. Sistem perangkap yang dimiliki genlisea adalah perangkat lobster, yaitu perangkap yang memudahkan serangga untuk masuk namun hampir mustahil untuk keluar.

13. Heliamphora

Heliamphora

pixabay

Heliamphora adalah tanaman pemakan serangga yang tinggal di bagian tinggi gunung-gunung di Brazil, Guyana dan Venezuela.

Tanaman kecil ini dapat tumbuh subur di dataran tinggi pengunungan karena mendapat sinar matahari yang cukup setiap harinya.

Daun mereka berbentuk corong atau tabung yang berguna untuk menarik perhatian serangga dan kemudian menjebaknya.

Setelah terjebak, enzim dalam heliamphora akan mencerna mangsa dan menyebarkan nutrisinya ke seluruh bagian tanaman.

Baca Juga: 49+ contoh, ciri-ciri dan pengertian tumbuhan dikotil

14. Utricularia

Utricularia

carnivorousplantresource

Tanaman pemakan serangga ini terdiri dari 220 spesies, tiap spesies memiliki ukuran perangkap yang berbeda-beda mulai dari 0,2 cm sampai 1,2 cm.

Namun semua memiliki bentuk perangkap yang sama, yaitu berbentuk kantong bulat. Walaupun berukuran kecil jebakan yang dimiliki utricularia sangat berbahaya bagi mangsanya.

Permukaan jebakan sangat sensitif, ketika mangsa hinggap maka kantong akan terbuka. Mangsa akan masuk ke dalam jebakan beserta air. Jika air sudah memenuhi ruangan, kantong akan menutup lagi.

Tidak akan ada kesempatan bagi mangsa untuk melarikan diri. Proses jebakan bekerja sangat cepat, hanya 10-15 milidetik saja.

Tanaman yang juga dikenal dengan nama bladderworts ini bisa memakan kecebong katak, larva nyamuk, kumbang air dan kutu, namun makanan utamanya adalah mikroorganisme seperti protozoadan rotiferea.

Tanaman pemakan serangga memang unik dan indah bentuknya. Beberapa tanaman karnivora ini dapat ditanam di pot dan perawatannya tidak terlalu sulit. Tanaman-tanaman tersebut sangat cocok menjadi pemanis tampilan di ruangan atau meja kerja kita.

Tinggalkan Pesan