tumbuhan tropis

Tumbuhan Tropis

Tumbuhan tropis – Tidak semua tumbuhan yang ada di dunia bisa ditanam di sembarang tempat. Ada yang hidupnya di iklim yang dingin dan ada juga yang hidupnya di iklim tropis.

Tumbuhan yang hidupnya di tempat dengan iklim dingin belum tentu bisa mekar dengan indah jika ditanam di daerah tropis. Indonesia sendiri termasuk dalam negara beriklim tropis.

Curah hujannya cukup tinggi, tingkat kelembabannya pun tinggi. Rata-rata temperatur udara di Indonesia berkisar pada 18 hingga 38 derajat Celcius.

Agar tumbuhan yang ditanam di sekitar rumah kalian bisa tumbuh subur dan indah, sebaiknya kamu memilih tumbuhan yang cocok ditanam di tempat tropis seperti pada berikut ini.

Baca Juga: Pengertian, ciri-ciri dan manfaat tumbuhan lumut

Apa Itu Tumbuhan Tropis?

Apa Itu Tumbuhan Tropis?

pixabay.com

Tanaman atau tumbuhan tropis adalah tanaman yang tumbuh secara alami di iklim tropis. Iklim tropis sendiri biasanya panas dan lembab, dengan suhu secara terus menerus di atas18 derajat celcius.

Apakah tumbuhan tropis dapat hidup di iklim yang dingin? Secara komersial, tanaman tropis dapat tumbuh di iklim yang lebih dingin, akan tetapi harus ditanaman yang terkontrol dengan baik.

Istilah tanaman tropis mengacu pada semua jenis tanaman yang secara alami tumbuh subur di lingkungan yang menyerupai daerah tropis, wilayah Bumi yang dikelilingi khatulistiwa.

Jenis-jenis Tumbuhan Tropis yang Eksotis

1. Kantong Semar (Nepenthes)

Kantong semar

pixabay.com

Kantong semar merupakan salah satu tumbuhan karnivora yang tumbuh di kawasan tropis yang meliputi negara Indonesia, China bagian selatan, Malaysia, Filipina dan Madagaskar.

Ciri khusus tumbuhan ini adalah pada ujung daun terdapat sulur yang bisa termodifikasi membentuk kantung. Pada kantung akan keluar cairan nectar, yaitu cairan manis berupa madu.

Fungsi dari kantung dan juga cairan madu ini adalah untuk menarik perhatian serangga. Serangga yang terjatuh ke dalam kantung akan dicerna dan diserap sebagai nitrogen.

2. Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)

Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)

manfaatecenggondok.blogspot.com

Eceng gondok merupakan salah satu tumbuhan air yang mengapung dan kadang-kadang berakar dalam tanah. Ciri khusus pada tumbuhan ini yaitu memiliki tinggi sekitar 0,4 – 0,8 meter.

Tidak memiliki batang. Daunnya tunggal dan berbentuk oval. Tumbuhan ini mempunyai ciri khusus, yaitu memiliki tangkai daun yang menggelembung (berongga) yang berfungsi untuk mengapung di permukaan air.

Baca Juga: 49+ contoh, ciri-ciri dan pengertian tumbuhan monokotil

3. Rafflesia (Rafflesia arnoldii)

Rafflesia Arnoldi

Materi Ipa

Rafflesia merupakan genus tumbuhan parasit. Tumbuhan ini pertama sekali ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles di hutan Indonesia di tahun 1818. Tumbuhan rafflesia tidak mempunyai batang, daun dan akar yang sesungguhnya.

Rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma (famili Vitaceae), menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu.

Ciri khusus tumbuhan ini yaitu dapat mengeluarkan bau busuk atau bau bangkai dan mempunyai bagian yang dapat memantulkan cahaya. Adapun fungsi dari bau busuk yang dikeluarkan tersebut yaitu untuk memikat dan memandu lalat untuk datang.

Dengan kedatangan lalat, maka proses penyerbukan dapat berlangsung, sehingga rafflesia dapat berkembang biak.

Baca Juga: 31+ jenis tumbuhan yang hidup di air

4. Kaktus (Cactaceae)

kaktus

pixabay.com

Kaktus adalah tumbuhan yang dapat hidup di tempat yang kering. Tumbuhan ini dikelompokkan ke dalam tumbuhan xerofit. Tumbuhan kaktus mempunyai ciri khusus yang berfungsi untuk bertahan hidup.

Ciri khusus tumbuhan kaktus yaitu memiliki daun yang berbentuk duri. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi proses penguapan air. Sementara yang berperan untuk melakukan fotosintesis yaitu bagian batang.

kaktus juga mempunyai ciri khusus lain, yaitu mempunyai batang yang besar dan menggembung, hal ini bertujuan untuk menyimpan cadangan air dalam jumlah yang banyak.

5. Jagung (Zea mays)

jagung

pixabay

Jagung merupakan salah satu tumbuhan pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber pangan di Amerika Serikat. Ciri khusus tumbuhan ini salah satunya adalah rambut yang mirip benang sutra.

Rambut yang ada pada buah jagung merupakan kepala putik dan tangkai putik. Adapun fungsi putik yang mirip rambut ini adalah untuk memudahkan menangkap serbuk sari.

6. Putri Malu (Mimosa pudica)

putri malu

Pixabay

Putri malu atau Mimosa pudica adalah perdu pendek anggota suku polong-polongan yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup/layu dengan sendirinya ketika tersentuh.

Ciri khusus tumbuhan ini terletak pada daunnya yang mudah layu atau menutup ketika disentuh. Adapun fungsi ciri khusus putri malu adalah untuk melindungi dari dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang ingin memakannya.

7. Kelapa (Cocos nucifera)

kelapa

pixabay

kelapa adalah salah satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam marga Cocos.

Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir.

Fungsi dan ciri khusus tumbuhan ini yaitu mempunyai serabut tebal yang membuat buah kelapa dapat tetap terapung di air.

Sementara tempurung kelapa merupakan kulit yang kedap air untuk melindungi buah kelapa agar tidak cepat busuk.

Adapun fungsi kedua ciri khusus buah kelapa ini adalah untuk penyebaran perkembang biakan dari satu tempat ketempat lain melalui media air.

8. Venus (Dionaea muscipula)

venus

pixabay

Venus adalah jenis tumbuhan insektivora, yaitu tumbuhan pemakan serangga. Ciri khusus tumbuhan ini adalah daunnya dapat termodifikasi berbentuk seperti engsel dan berbulu. Daun ini akan terbuka untuk menunggu mangsanya.

Bila ada serangga masuk ke dalam daun, maka seketika daun akan ditutup dan serangga yang terperangkap didalamnya akan dicerna dan diserap sebagai nitrogen.

9. Ciri Khusus Tumbuhan Mawar (Rosa)

mawar

pixabay

Tanaman mawar mempunyai bunga yang indah juga memiliki duri pada batangnya. Duri pada batang adalah ciri khusus tumbuhan ini.

Fungsi dari duri tersebut yaitu untuk melindungi diri dari musuh. Jika ada musuh yang mendekat maka akan terkena duri tajam.

10. Ciri Khusus Tumbuhan Bakau (Rhizophora)

tumbuhan bakau

pixabay

Tumbuhan ini hidup di pinggiran pantai. Ciri khusus tumbuhan bakau ini yaitu memiliki akar tunjang untuk menopang tubuhnya agar tetap kokoh.

Akar tunjang merupakan bentuk adaptasi tumbuhan bakau terhadap lingkungan pantai. Pohon bakau ditanam di tepi pantai sebagai pencegah abrasi.

Pohon bakau juga memiliki banyak nama lain seperti tanjang, tanjang (Jw); tinjang (Md); bangko (Bugis); kawoka (Timor); wako, jangkar dan lain-lain.

11. Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus)

buah nangka

pixabay

Buah yang mempunyai rasa dan aroma khas ini adalah anggota famili mulberry. Nangka berasal dari  Indonesia-Malaysia.

Namun kini bisa tumbuh di kawasan tropis lain di seluruh dunia. Anda bisa memakannya langsung atau mengolahnya dulu. Bijinya oun bisa dimakan setelah dipanggang atau direbus.

12. Sawo Raksasa (Manilkara zapota)

sawo raksasa

pixabay

Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, namun pertumbuhannya sudah tersebar luas. Kulit buahnya berwarna cokelat dan merah muda, sedangkan daging buahnya tampak cokelat kemerahan.

Rasanya sendiri manis dan unik. Anda bisa memakannya langsung atau mengkreasikannya dengan jeli dan es krim.

Sayangnya di Indonesia , karena masih jarang dan langka, hanya beberapa orang yang membudidayakannya, bibit tanaman buah ini masih tergolong mahal hingga mencapai jutaan rupiah.

13. Markisa (Passiflora edulis)

markisa

pixabay

Tanaman buah ini berasal dari daerah tropis di Amerika Selatan. Tanamannya merambat, sehingga Anda memerlukan pagar atau teralis agar pertumbuhannya jadi teratur. Buahnya berwarna kuning, merah atau ungu.

Bentuk buah ini bulat dan bijinya yang banyak berselaput kuning. Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau mengolahnya menjadi punch.

Baca Juga: Pengertian, ciri-ciri dan contoh tumbuhan berbiji terbuka

14. Sirsak (Annona muricata)

sirsak

pixabay

Nama lainnya adalah Guanabana, nangka Belanda, durian Belanda. Buah ini berwarna hijau dengan permukaan yang seperti berduri. Bentuknya oval dan ukurannya bervariasi.

Buah ini ditanam sambilan atau untuk dikomersilkan. Dagingnya putih dan rasanya asam atau manis. Sementara bijinya hitam dan terselip cukup banyak pada daging buahnya.

15. Jambu Biji (Psidium guajava)

jambu biji

pixabay

Buah ini merupakan tanaman asli dari Amerika kawasan tropis. Namun sudah berabad-abad manusia membudidayakannya, sehingga kita pun bisa mencicipi bagaimana sensasi rasanya. Buah ini menjadi sumber vitamin A, B dan C yang baik.


Nah itu dia sedikit penjelasan tentang tumbuhan tropis yang hidup berdampingan dengan kita.

Semoga artikel yang saya tuliskan bermanfaat dan membantu teman-teman yang telah membacanya. Saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan teman-teman di website saya, Jangan lupa subcribe yah!!

Tinggalkan Pesan